SURAKARTA (Pertamanews.id) – Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Tk IV Surakarta telah resmi dibuka pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum, mulai Selasa (14/2).

Hadir dalam kegiatan soft launching tersebut, Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah Kombes Sumy Hastry Purwanti, Kabidhumas Kombes M Iqbal Alqudusy, Kepala RS Bhayangkara Semarang Kombes M Khusnan Marzuki dan Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Surakarta dr Edy Wirastho.

Usai melakukan peresmian, para pejabat tersebut juga menyempatkan diri meninjau sejumlah Fasilitas penunjang di rumah sakit itu, seperti Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang rawat jalan, ruang rawat inap, laboratorium forensik, ruang autopsi dan ruang jenazah.

Walikota Surakarta, Gibran mengatakan per hari ini RS Bhayangkara resmi dibuka. Bahkan saat melalukan peninjauan, ia menyebut dari lantai 1-3, alat-alat lengkap semua, dan harus segera disoundingkan kepada masyarakat.

Gilbran juga menuturkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melakukan sinergitas pelayanan guna peningkatan pelayanan masyarakat.

“Kita nanti akan sama-sama menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang di Kota Solo, terutama permasalahan kesehatan,” ungkap Gibran.

Sementara, Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah Kombes Sumy Hastry Purwanti mengatakan RS Bhayangkara Solo merupakan RS kedua yang dibangun oleh Polri di Jawa Tengah.

Bahkan Ia menjelaskan juga akan dibangun RS dibeberapa wilayah Jawa Tengah, untuk menunjang layanan kesehatan bagi para anggota polri, keluarga polri dan masyarakat.

“Untuk tahun ini pembangunan di Ekswil Pati, di Polres Blora. Tahun depan, akan di Banyumas dan Brebes. Karena semua lahan sudah diberikan dan atas nama polri,” ujarnya.

Sementara, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Solo dr Edy Wirastho menuturkan untuk hari pertama pembukaan ini, seluruh pelayanan rumah sakit di gratiskan untuk masyarakat umum. Sedangkan untuk pelayanan menggunakan asuransi dan BPJS Kesehatan masih dalam proses administrasi.

“Termasuk pelayanan forensik klinik menjadi sentra (pusat) untuk semua wilayah Solo Raya. Terbuka untuk masyarakat. Khusus hari ini (pelayanan) free untuk umum,” bebernya.

Sedangkan, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy menambahkan RS Bhayangkara Tk IV Surakarta merupakan rumah sakit tipe D. Luas bangunan mencapai 1 hektar dan memiliki 60 ruang rawat inap

Diungkapkannya, Polri khususnya Polda Jateng sangat mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Polda Jateng diakuinya siap bersinergi dengan semua pihak untuk memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat

“Sesuai arahan Kapolda, layanan yang diberikan di RS Bhayangkara Surakarta dilaksanakan secara profesional, ramah dan juga terbuka untuk masyarakat luas. Rumah sakit ini bisa menjadi rujukan warga bila membutuhkan perawatan medis atau layanan kesehatan lainnya,” tutupnya