JAKARTA (Pertamanews.id) – Survei Media Survei Nasional (Median) merilis haril survei elektabilitas calon presiden di Pilpres 2024. Hasilnya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di posisi pertama, di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan ketiga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Elektabilitas Prabowo berada di angka 20,05 persen, sementara Ganjar dengan angka 18,9 persen dan Anies dengan elektabilitas 17,9 persen.

Di posisi keempat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 9,0 persen dan kelima Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,5 persen.

“Elektabilitas capres kita menguji beberapa orang hasilnya lima besar, pertama ada Prabowo Subianto, ada Pak Ganjar Pranowo, ada Anies Baswedan, ada Ridwan Kamil dan Agus Harimurti Yudhoyono,” kata Direktur Median Ade Irfan Abdurrahman di Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2).

Survei Median melibatkan 400 responden yang tersebar di 38 provinsi. Survei dilaksanakan pada 22-26 Februari 2023 dengan metode penelitian non-probability sampling, dan kuesioner berbasis Google Form yang disebarkan melalui media sosial Facebook dengan target pengguna aktif berusia 17-60 tahun.