SEMARANG (Pertamanews.id) – Tim pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM) mengadakan Workshop Branding Melalui Media Sosial Guna Optimalisasi Promosi komunitas UMKM Lumintu Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik, Semarang, Kamis (11/5) lalu.

Tim pengabdian terdiri atas, Gisela Dian, Arnandita, Ananda Tri, Danang Arif, Dimas Ratya, Arina Tutik, dan Mario Ahamto.
Kegiatan yang diselenggarakan di Rt.05/Rw.02 Kel.Tinjomoyo, Kec.Banyumanik ini dihadiri oleh Ketua UMKM Lumintu Tinjomoyo Bapak Mahsun, serta pelaku usaha yang tergabung dalam komunitas UMKM Lumintu Tinjomoyo.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi USM diselenggarakan sebagai bentuk tanggung jawab sosial serta memupuk rasa kepedulian, dengan mengusung konsep ‘Branding melalui media sosial guna optimalisasi promosi komunitas UMKM Lumintu Tinjomoyo, Kec. Banyumanik Kota Semarang’.

Mahasiswa sebagai agen of change, membawa pikiran, pendapat, dan ilmu pengetahuan yang kemudian di aplikasikan dan disebarkan kepada masyarakat demi rasa tanggung jawab yang besar pada lingkungan dan masyarakat sekitar.

Tim pengabdian mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Arnandita mengatakan dengan adanya workshop Branding Melalui Media Sosial diharapkan para pelaku usaha dapat mengembangkan potensi yang dimiliki, memperluas jaringan promosi, dan semakin aktif dalam penggunaan media sosial sebagai media promosi dan penjualan.

“Membranding suatu produk merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam memulai bisnis” ungkap Arnandita dalam keterangan persnya.

Di era digital ini, Arnandita menambagkan bahwa pengembangan promosi produk atau jasa melalui media sosial adalah pilihan yang tepat, dengan menggunakan media sosial sebagai media promosi.

“Pelaku usaha tidak membutuhkan modal biaya yang besar, serta lebih mudah menentukan target market yang ingin dicapai,” tutup Arnandita.