PALEMBANG (Pertamanews.id) – Senyum ramah Sultan Mahmud Badaruddin IV, Jaya Wikrama Fauwaz Dirajda terlihat ketika menyambut kedatangan Ganjar Pranowo. Keduanya duduk bersebelahan sambil ngobrol akrab saat menghadiri acara silaturahmi dan safari budaya di Bumi Sriwijaya di Dining Hall Jakabaring Palembang, Sabtu (20/5/2023).

Ganjar hadir di acara itu disela kunjungannya ke Palembang untuk melakukan konsolidasi tiga pilar partai PDIP. Calon presiden PDIP tersebut disambut ansusias oleh ribuan tokoh Kesultanan Palembang, ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat hingga kalangan millenial Sumatera Selatan yang hadir di tempat itu.

Tak hanya disambut antusias, Ganjar juga mendapat kehormatan dari Sultan Palembang Darussalam itu. Ganjar dipakaikan Rumpak, pakaian khas Palembang. Rumpak berupa kain songket tenun.

Tak hanya itu, Sultan Mahmud Badaruddin IV didampingi para petinggi Kesultanan Palembang juga memakaikan Tanjak di kepala Ganjar. Tanjak merupakan ikat kepala khas Melayu.

“Ini sebuah kehormatan bagi saya. Terima kasih pada Sultan yang telah memberikan Tanjak dan pakaian adat ini pada saya,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, ia memang hoby mengoleksi pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Itu karena di Jateng, ia membuat peraturan untuk memakai pakaian adat setiap hari Kamis.

“Kalau setiap Kamis, kami selalu memakai pakaian adat Jawa. Dan di Kamis pekan keempat, kami wajibkan seluruh ASN memakai pakaian adat Nusantara. Jadi kalau bapak ibu pergi ke Jateng pada Kamis pekan keempat, itu sudah seperti karnaval. Semua pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia ada di sana,” ucapnya.

Sementara itu, Sultan Mahmud Badaruddin IV mengatakan, pemberian Rumpak dan Tanjak pada Ganjar merupakan bentuk penghormatan warga Palembang pada setiap tamu kehormatan yang datang.

“Sumsel selalu menerima tamu yang datang karena kami menghormati mereka. Masyarakat kami cukup pluralis dan majemuk, di mana sejak dulu sampai sekarang semua orang ke sini baik etnis China, Jawa, Arab, Melayu selalu kami terima dengan senang hati,” katanya.

Untuk itu, ia memberikan penghormatan serupa saat Ganjar datang ke Bumi Sriwijaya. Sosok Ganjar lanjut dia sangat spesial karena banyak masyarakat Sumsel yang senang dengan Ganjar.

“Banyak warga Sumsel senang sekali dengan beliau, karena beliau orang baik hati, memiliki banyak inovasi yang bagus saat menjadi gubernur maupun anggota DPR RI. Ya semoga pak Ganjar bisa menjadi pemimpin masa depan yang hebat,” ucapnya.