SEMARANG (Pertamanews.id) – Festival Kebudayaan dan Rekreasi Keluarga, Pasar Senggol Grand Candi Hotel kembali digelar dalam rangka meramaikan rangkaian HUT Semarang ke-476, Minggu (21/5). Event rutin bulanan yang diprakarsai oleh hotel bintang 5 yang berada di Jalan Sisingamangaraja tersebut dimeriahkan oleh berbagai aktivitas keluarga dan lomba anak-anak.

Berkolaborasi dengan BrainSkill EO dan didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Pasar Senggol membawakan berbagai lomba-lomba anak yang sarat kebudayaan seperti : Tari Kreasi Tradisional, Mewarnai Batik Motif Semarangan, serta story telling Cerita Rakyat Nusantara. Ada juga lomba edukasi cerdas cermat untuk anak-anak dan lomba mata pelajaran.

Public Relations Grand Candi Hotel Semarang,Immanuel Teja Kumala menjelaskan, diadakannya Pasar Senggol adalah salah satu upaya melestarikan kebudayaan Semarang, namun dikemas lewat acara yang menyenangkan. Melalui lomba dan pentas seni, anak-anak akan turut mengenal keunikan dari budaya kota Semarang.

“Sebagai contoh lomba mewarnai batik Semarang kategori TK-SD. Pada usia dini, anak-anak akan diperkenalkan dengan batik Semarang yang memiliki ciri adanya motif tugu muda atau motif warak ngendok. Darisitu anak akan bisa mengidentifikasi perbedaan batik Semarang dengan batik lainnya,” ujarnya.

Immanuel Teja berharap, kedepannya Pasar Senggol berpeluang membawakan lebih banyak konten acara seni dan kebudayaan yang lebih edukatif seperti fashion show kebaya anak, lomba gamelan gambang semarang hingga pagelaran simulasi manten Semarangan. Sehingga, dengan adanya Pasar Senggol kita menjadi lebih kaya wawasan budaya kita sendiri serta membangkitkan passion anak-anak terhadap kesenian lokal.

“Pasar Senggol turut menggandeng berbagai pihak untuk mensukseskan acara ini. Salah satunya adalah Bazaar Buku yang dibawakan oleh Gramedia. Terlihat pula ada sebanyak 15 UMKM hadir meramaikan area khusus kuliner di Pasar Senggol Grand Candi Hotel Semarang,” tutupnya.