SEMARANG (Pertamanews.id) – Polda Jateng beserta jajaran menggelar bersih-bersih di Pantai Tirang, Kota Semarang, Kamis (13/7/2023), pagi.

Program peduli lingkungan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta PJU Polda Jateng dan ratusan personel gabungan TNI-Polri.

Selain itu, komunitas pecinta alam juga digandeng untuk membersihkan tempat wisata dari tumpukan sampah di wilayah pantai tersebut.

Kapolda menjelaskan kegiatan ini dilakukan dalam rangka melestarikan lingkungan wisata di Jawa Tengah.

“Membersihkan sampah secara serentak tidak hanya dilakukan oleh Polda Jateng tapi seluruh Kepolisian Republik Indonesia. Tujuannya untuk ramah lingkungan dan sehat lingkungan utamanya sampah dibantaran sungai pantai dan dimanapun berada,” ungkap Luthfi disela-sela kegiatan.

Luthfi menyampaikan sampah-sampah yang berserakan di Pantai Tirang ini menimbulkan bencana alam seperti banjir. Hal ini juga berdampak pada kotornya tempat wisata sehingga tidak ramah lingkungan.

“Sampah-sampah yang tidak ramah lingkungan ini disinyalir akibat banjir dan berdampak pada kelestarian lingkungan hidup di sekitar Pantai Tirang. Oleh karena itu kami melaksanakan kegiatan pembersihan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menuturkan bahwa kegiatan peduli lingkungan ini diinisiasi oleh Kapolri juga dilaksanakan secara serentak oleh seluruh Polda di Nusantara. Di Jawa Tengah sendiri kegiatan juga serentak dilaksanakan hingga ke tingkat Polres dan Polsek.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat memicu masyarakat untuk dapat hidup bersih dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga meminimalisir potensi banjir yang mengakibatkan tidak sehatnya lingkungan,” paparnya.

Selain kegiatan membersihkan sampah, Polda Jateng sendiri sebelumnya juga sering melakukan penamanan mangrove di Pantai Tirang sebagai bentuk kepedulian lingkungan pada pantai yang juga destinasi wisata masyarakat Kota Semarang itu.

“Tentunya dengan hal ini dapat meningkatkan nilai jual dan daya tarik wisata pantai bagi warga Kota Semarang. Dengan keasrian yang terjaga diharapkan masyarakat tahu bahwa di Kota Semarang juga ada wisata pantai yang bisa dijadikan kebanggaan,” tandasnya.

Sementara, pengelola wisata Pantai Tirang, Dio Hermansyah mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dan jajarannya karena dari gerakan kepeduliaan alam ini membuat Pantai Tirang menjadi bersih. Dirinya berharap kegiatan serupa bisa terus dilakukan agar wisata di Jawa Tengah khususnya di Kota Semarang bisa terus terjaga.

“Bantuan dari Polda Jateng kami terima kasih sekali karena sangat mendukung keberadaan wisata di Kota Semarang. Kapolda Jateng yang turun langsung ikut membersihkan berarti sangat membantu kemajuan wisata di Kota Semarang,” pungkasnya.