SEMARANG (Pertamanews.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, melepas komunitas motor Tenda Biru (Tendbir), yang melakukan touring Semarang-Lombok, di Halaman Kantor Gubernur, Jumat (14/7/2023).

Touring bertajuk Tendbir Motor Run itu diikuti puluhan peserta, yang juga merupakan cyclist Kota Lumpia.

“Ini teman-teman dari Tenda Biru, dulu sebenarnya basic-nya sepedaan. Ini karena perkembangan, ada yang teman-teman ini juga tetap sepedaan, tapi pada touring naik motor,” tutur sekda.

Ditambahkan, dalam setiap touring, biasanya mereka membawa misi. Salah satu yang pernah dilakukan adalah misi kemanusiaan, saat terjadi gempa di Lombok. Anggota komunitas membantu membangun rumah.

Kali ini, anggota Tendbir hanya ingin berpetualang. Maka Sekda Sumarno menitipkan pesan, agar mereka membantu mempromosikan pariwisata Jawa Tengah, di sepanjang jalur yang dilalui touring.

“Kami berharap, mereka juga mempromosikan Jawa Tengah, supaya orang juga mau hadir ke Jawa Tengah, berwisata ke Jawa Tengah,” katanya.

Sebagai informasi, sejumlah rute yang dilalui Tendbir adalah Ngawi-Malang-Probolinggo-Situbondo-Banyuwangi. Dari Banyuwangi Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk (Bali).

Perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Padang Bai, dan turun di Mataram (Nusa Tenggara Barat). Perjalanan akan berakhir di Sembalun (Lombok Timur), sebelum akhirnya kembali ke Kota Semarang