JAKARTA (Pertamanews.id) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut Jakarta International Stadium (JIS) berpeluang menjadi tempat pembukaan Piala Dunia U-17 2023. Namun, pihaknya masih menunggu keputusan FIFA yang kini melakukan inspeksi stadion di Indonesia.

“Sebenarnya untuk pembukaan ada keinginan di Jakarta, tapi ini kita sedang menunggu asesmen seluruh venue. (Pembukaan) di JIS (kemungkinan),” ujar Menteri Dito dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa (1/8/23).

Diketahui, acara pembukaan Piala Dunia U-17 dijadwalkan pada 10 November 2023 mendatang.

“Keputusan masih belum final. Karena FIFA masih melakukan inspeksi ke beberapa stadion yang diusulkan PSSI,” tegas Menteri Dito.

Meski begitu, Menteri Dito memastikan, penutupan Piala Dunia U-17 2023 dilakukan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah. Rencananya, penutupan bakal berlangsung pada 2 Desember 2023 mendatang.

“Terkait dengan penutupan dan pembukaan, saya baru dilaporkan PSSI itu. Penutupan memakai rencana awal di Solo, karena itu rencana sejak Piala Dunia U-20,” ujar Menteri Dito.

Terdapat empat kota yang dikunjungi FIFA dalam inspeksi stadion milik Indonesia. Seperti Jakarta, Solo, Bandung, dan Surabaya.

FIFA melakukan inspeksi pertama di JIS, Jakarta, pada Sabtu pekan lalu. Pada hari yang sama, tim inspeksi juga mengunjungi beberapa stadion dan lapangan lain di Jakarta.

Selanjutnya, FIFA bertolak ke Bandung, Jawa Barat, untuk meninjau sejumlah lapangan dan stadion. Selanjutnya, pada hari Senin, FIFA melakukan inspeksi di Surabaya, Jawa Timur.

Lalu, pada hari Selasa, mereka menuju Surakarta, Jawa Tengah. Jadi, PSSI dan Kemenpora masih menunggu hasil inspeksi stadion Indonesia oleh FIFA.