SEMARANG (Pertamanews.id) – Universitas Diponegoro melaksanakan upacara wisuda ke-171 yang dilaksanakan dalam 14 tahap yakni pada tanggal 8, 9, 14, 15, 16, 18, 21 Agustus 2023 yang bertempat di Gedung Prof. Soedarto, S.H. Kampus Undip Tembalang.

Dalam laporannya Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan bahwa wisuda ini diikuti oleh sebanyak 4.077 orang wisudawan, yang meliputi program Doktor 48 orang; Magister 518 orang; Spesialis 61 orang; Profesi 252 orang; Sarjana 2.697 orang; Sarjana Terapan 282 orang; dan Diploma 219 orang.

“Sebagai upaya menjaga sinergi antara Undip dengan para lulusannya, Undip mengharapkan kerjasama dari alumni untuk memberikan umpan balik melalui tracer study Undip https://tracerstudy.undip.ac.id,” kata Prof Faisal.

“Semoga semua wisudawan senantiasa sukses dalam meniti karir dan selalu menjadi teladan yang baik bagi masyarakat. Kami sungguh bangga atas capaian prestasi akademik yang diraih para wisudawan,” lanjutnya.

Pada kesempatannya Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama S.H., M.Hum. mengatakan bahwa Undip meraih ranking 1 Nasional Universitas yang alumniya paling cepat mendapat pekerjaan berdasar QS Ranking for employability 2021-2022; Rangking 2 nasional dan ranking 30 dunia Sustainable university berdasar UI Greemetric 2020, 2021 dan 2022; Ranking 2 Nasional PTNBH Terbaik tahun 2021 dan 5 Besar PTNBH Terbaik 2022; Top 8 National rank for World University Rank 2023 Versi QS WUR; 5 Besar universitas terfavorit 5 tahun berturut turut; Lebih dari 20 Prodi terakreditasi Internasional, ABEST, FIBAA dan ASIIN; dan 24 Prodi ranking1 s.d. 3 prodi terbaik di tingkat nasional.

“Ilmu yang kita pelajari selama ini sesungguhnya adalah media keterhubungan kita dengan Sang Khalik. Dengan ilmu itulah kita akan beribadah dalam bentuk ilmu amaliah, didalamnya harus dilandasi dengan integritas yang bersendikan pada kejujuran, kebenaran, dan keadilan. Tanpa adanya integritas ilmu hanya akan sekadar menjadi alat kekuasaan belaka bahkan justru dapat merugikan orang lain, sehingga kita harus menjaga dan menegakkan integritas dalam melaksanakan tugas keilmuan,” tegas Prof Yos.

“Majulah terus alumni Undip, pantang mundur, sekali layar terkembang surut kita berpantang, Ever Forward never retreat. Semoga kegemilangan dan kesuksesan akan selalu menyertai kita semua,” pungkas Rektor.