JAKARTA (Pertamanews.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali membawa prestasi bagi Jawa Tengah. Untuk kali ketiganya secara berturut-turut, Ganjar berhasil membawa Jateng mendapat penghargaan sebagai provinsi dengan strategi terbaik penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UMKM tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam acara KUR Award di Pos Bloc Jakarta, Rabu (9/8/2023). Hadir dalam acara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

Dalam penghargaan itu, Jateng berada di posisi pertama sebagai provinsi dengan strategi penyaluran KUR terbaik. Untuk posisi kedua, diraih Provinsi Jatim dan peringkat ketiga diraih Provinsi Lampung.

“Selamat kepada Jateng atas penghargaan ini. Dengan penghargaan ini, Jateng mendapatkan penghargaan tiga tahun berturut-turut,” kata Airlangga Hartarto.

Selain kategori strategi penyaluran KUR terbaik, ada juga penghargaan kategori inovasi terbaik penyaluran KUR. Keluar sebagai juara adalah Jawa Barat, diikuti Sumsel dan Bali.

“Saya ucapkan selamat kepada semua pemenang, semoga penghargaan ini bisa menambah motivasi untuk terus menyalurkan KUR kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM,” ucap Airlangga.

Sementara itu, Gubernur Ganjar menyampaikan terima kasih kepada Kemenko Perekonomian yang telah memberikan penghargaan itu. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk perbankan yang telah menyukseskan program KUR di Jateng.

“Terima kasih tentu pada Kemenko Perekonomian karena kita mendapatkan penghargaan tiga tahun berturut. Terima kasih juga pada kerja kawan-kawan yang cukup serius, sehingga penyaluran KUR di Jateng cukup besar dan strateginya bagus,” katanya.

Meski begitu, ia meminta semua pihak tidak berpuas diri. Semua harus ditingkatkan agar kehadiran pemerintah dirasakan betul oleh masyarakat.

“Sekarang kita mencoba untuk memastikan kembali, artinya sistem kita mapan, strategi kita bener dan bagaimana kita membantu dan berpihak pada UMKM,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada 2019 Provinsi Jateng juga mendapatkan penghargaan provinsi penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Penghargaan diserahkan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pada Kamis (19/12/2019) di Jakarta.

Tahun berikutnya, pada 2021 Provinsi Jateng juga menerima penghargaan penyalur KUR terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut diterima Ganjar di Ruang Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana, Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, pada Selasa (18/1/2022).

Kemudian, Jateng berhasil kembali menjadi provinsi dengan penyalur KUR untuk UMKM terbesar se-Indonesia pada 2022, yakni dengan nilai penyaluran sebanyak Rp55,27 triliun.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan per Rabu (26/10/2022), nilai penyaluran KUR nasional mencapai Rp295,2 triliun. Nilai tersebut meningkat 4,2 persen jika dibandingkan 2021 sebesar Rp283,34 triliun.