Mandi Air Hangat

Mandi malam sering kali dianggap berbahaya. Padahal, ini tidak sepenuhnya benar karena ada banyak manfaat mandi malam yang bisa diperoleh, mulai dari membuat tidur lebih nyenyak, memelihara kesehatan kulit sampai meningkatkan imunitas tubuh.

Banyak orang yang memilih untuk tidak mandi malam karena khawatir terkena rematik, yaitu penyakit autoimun yang menyebabkan penderitanya alami nyeri sendi, padahal hal tersebut adalah mitos belaka.

Faktanya, sampai saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan bahwa kebiasaan mandi malam bisa menyebabkan rematik di kemudian hari. Namun sebaliknya, ada banyak manfaat mandi malam yang bisa dirasakan, baik itu mandi menggunakan air hangat maupun air dingin.

Manfaat mandi malam dapat bergantung pada suhu air yang digunakan. Untuk mandi air hangat, berikut ini adalah manfaatnya:

1. Membuat tidur lebih nyenyak
Mandi air hangat dengan suhu 40–42° C dalam waktu 10 menit pada 1–2 jam sebelum tidur berkhasiat membuat tidur lebih nyenyak, bahkan saat cuaca lagi panas sekalipun.

Manfaat ini dapat diperoleh karena air hangat dapat membuat otot-otot menjadi lebih rileks sehingga bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena saat merebahkan diri di kasur, suhu tubuh akan turun untuk memproduksi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

2. Membuat tidur menjadi lebih cepat

Mandi malam dengan air hangat dapat membuat tidur lebih cepat. Sebuah penelitian yang dilakukan pada lansia menunjukkan bahwa mereka yang mandi air hangat sebelum tidur cenderung lebih mudah terlelap jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mandi menggunakan air hangat sebelum tidur.

3. Memelihara kebersihan dan kesehatan kulit

Mandi air hangat pada malam hari dapat membuka pori-pori sehingga bisa membersihkan kotoran serta minyak yang terperangkap di kulit secara maksimal. Dengan membiasakan mandi malam sebelum tidur, kebersihan dan kesehatan kulit menjadi terjaga.

Sehabis mandi air hangat, bisa langsung bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka dan sekaligus untuk membuat kulit terasa segar.

4. Meredakan gejala pilek dan batuk

Bagi yang sedang menderita pilek & batuk, disarankan untuk mandi malam menggunakan air hangat daripada air dingin. Hal ini dikarenakan panas dan uap yang keluar dari air hangat bisa membuat saluran napas menjadi terbuka. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu membersihkan saluran hidung dan mengencerkan dahak sehingga gejala pilek dan batuk pun mereda.

Selain itu, mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah karena sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar, sehingga dapat mencegah masalah jantung yang lebih serius seperti stroke atau serangan jantung.

5. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa berendam air hangat selama 11–15 menit sebelum tidur efektif dalam menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang turun setelah mandi malam menggunakan air hangat dapat mencapai 16 mmHG.

Mandi air hangat dapat menurunkan tekanan darah karena sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar, sehingga dapat mencegah masalah jantung yang lebih serius seperti stroke atau serangan jantung.

Manfaat mandi malam menggunakan air hangat memang cukup beragam, tetapi batasi waktunya. Tidak dianjurkan untuk mandi malam lebih dari 20 menit karena mandi air hangat dalam durasi yang lama bisa membuat kulit menjadi kering dan rentan mengalami iritasi.