JAKARTA (Pertamanews.id) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel mengingatkan urgensi menetapkan prioritas dalam menghadapi teroris yang berpotensi memasuki wilayah Indonesia atau travelling terrorist.

Prioritas itu penting dalam kerja sama internasional, seperti membangun mekanisme pencegahan, penangkalan, dan penindakan terhadap teroris yang masuk ke Indonesia.

“Inilah pentingnya kerja sama internasional, kita harus menyusun prioritas,” ujar Kepala Komjen Pol. Rycko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (8/11).

Menurut Kepala Komjen Pol. Rycko, penetapan prioritas juga penting untuk membangun kepercayaan internasional bahwa kekerasan yang terjadi di Papua adalah tindakan terorisme.

Pesan itu disampaikan Kepala Komjen Pol. Rycko saat melantik Direktur Kerja Sama Regional dan Multilateral (RM) pada Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT Dionnisius Elvan Swasono.

Berkaitan dengan pelantikan Dionnisius Elvan Swasono, tugas direktur RM yang baru adalah melakukan komunikasi intensif dengan para pihak terkait dalam rangka repatriasi warga negara Indonesia (WNI) di wilayah konflik.

“Dengan pengalaman dan kapasitas Bapak di Kementerian Luar Negeri dan BNPT, Bapak bisa menjalankan tugas sebaik mungkin dan mencapai target yang diharapkan,” tutup Kepala Komjen Pol. Rycko.