MADIUN (Pertamanews.id) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menanam 10 juta bibit pohon di kawasan GOR Pangeran Timoer Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Rabu.

Menko PMK Muhadjir mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan instruksi langsung kepada Kapolri untuk menggerakkan dan menggelorakan penanaman pohon sebagai upaya mengurangi risiko pemanasan global dan perubahan iklim.

“Karenanya, saya berterima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah berkenan dan memprakarsai penanaman 10 juta bibit pohon sebagai arahan dari Bapak Presiden. Kebetulan di Kemenko PMK sejak Mei lalu juga ada program serupa yang baru terealisasi 5 juta pohon, maka dengan kegiatan ini rasanya target telah terlampaui,” ujar Menko Muhadjir, Rabu (15/11).

Menko Muhadjir mengajak mengajak semua pihak berkolaborasi dan terus menanam pohon hingga ke depan bisa menanam 100 juta pohon.

Sementara itu Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit mengatakan gerakan penanaman 10 juta bibit pohon tersebut telah menjadi kebutuhan saat ini.

“Kondisi pemanasan global yang terjadi saat ini membuat kita mau tidak mau, secara bersama-sama dengan masyarakat, harus menghadapi dan memikirkan bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kegiatan ini menjadi salah satunya untuk mengurangi risiko akibat perubahan iklim dan cuaca ekstrem bagi generasi muda ke depan,” jelas Jenderal Pol. Listyo Sigit.