SEMARANG (Pertamanews.id) – Kepala Biro Kepegawaian (Karopeg) Kejaksaan RI, Dr. Hermon Dekristo, SH., MH, bersama dengan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah (Jateng), Dr. I Made Suarnawan SH, MH, dan Asbin Kejati Jateng, Sugiyanta, SH., MH, meninjau langsung lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam rangka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kejaksaan di Hotel UTC Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/11).

Kunjungan ini sekaligus memberikan pengarahan berharga kepada para peserta Tes SKD CPNS Kejaksaan RI.

Dalam arahannya, Dr. Hermon Dekristo menyoroti esensi komitmen, integritas, dan tanggung jawab sebagai pilar utama dalam melaksanakan tugas sebagai calon pegawai Kejaksaan RI.

Menurutnya, betapa pentingnya nilai-nilai tersebut dalam membentuk karakter dan kontribusi positif bagi penegakan hukum di Indonesia yang menjadi fokus utama dalam pandangannya.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta agar jangan percaya apabila ada oknum-oknum yang mengatasnamakan dirinya selaku panitia CPNS atau pegawai kejaksaan atau pejabat di Kejaksaan yang menjanjikan dapat meluluskan saudara dalam seleksi CASN dengan meminta imbalan berupa uang atau apapun itu, karena hal itu jelas penipuan dan kami tidak bertanggung jawab atas risiko yang terjadi apabila itu menimpa pada diri Saudara.

” Kami juga memastikan kalian jangan sampai terpengaruhi oleh pihak-pihak lain termasuk pada oknum-oknum joki yang memberikan jaminan lulus,” ujar dia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh, Kajati Jateng Dr. I Made Suarnawan SH, MH, Ia menegaskan pentingnya pelaksanaan tes ini sebagai salah satu tahap seleksi yang menentukan kemampuan dan kualifikasi para calon pegawai di lingkungan Kejaksaan.

” Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa kita mendapatkan calon pegawai yang berkualitas dan siap mengabdi dengan baik di lingkungan Kejaksaan RI,” ujar Made.

Tes SKD CPNS Kejaksaan RI di Kejati Jateng 2023 mencakup berbagai aspek penilaian, termasuk uji kemampuan verbal, numerik, dan logika. Para calon pegawai harus menunjukkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal-soal yang dirancang untuk mengukur kualifikasi mereka sesuai dengan tuntutan pekerjaan di Kejaksaan.

Dalam Kunjungannya, Karopeg Bersama Tim juga memantau kesiapan sarana dan prasarana serta kesigapan para panitia ujian mulai dari body chucking, registrasi, verifikasi, pemberian pin, ruang steril hingga ruang pelaksanaan Computer Assisted Test Seleksi Kompetensi Dasar (CAT SKD).

Selanjutnya, Para pejabat memberikan dorongan kepada peserta untuk tampil maksimal dan menunjukkan potensi terbaik mereka.

Hari terakhir tes SKD ini menciptakan suasana penuh semangat, dengan para peserta merespons antusias terhadap pengarahan yang diberikan.

Semua harapannya terfokus pada kesuksesan dalam menghadapi tantangan ujian dan mengukir peran penting sebagai bagian dari Kejaksaan RI.