SEMARANG (Harianterkini.id) – Ekspresi wajah Iqbal Ahsanul Aula (21) terlihat ceria karena berhasil meraih satu unit mobil melalui program undian Semarang Great Sale (Semargres) 2023. Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, secara langsung menyerahkan hadiah kepada para pemenang undian Semargres 2023 di Halaman Balai Kota Semarang pada Kamis (4/1/2024).

“Saya enggak menyangka kalau bisa dapat undian Semargres, awalnya hanya belanja-belanja saja di Semarang dan mengumpulkan poin,” ujar Iqbal yang merupakan mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

Saat berbelanja di Mal Ciputra Semarang, Iqbal melakukan scan barcode undian Semargres saat membeli sepatu dan kaos dengan nilai transaksi Rp 1,5 juta. Kejutan datang saat pengundian, dan Iqbal justru menjadi pemenang. Ini merupakan partisipasinya yang kedua dalam undian Semarang Great Sale; tahun sebelumnya, dia tidak berhasil mendapatkan hadiah.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, memberikan ucapan selamat kepada para pemenang undian Semargres 2023. Dia menyatakan bahwa penyerahan hadiah dilakukan pada Kamis (4/1/2023), dan gelaran Semargres 2023 berlangsung dari 1 hingga 30 November 2023.

“Hari ini, Kamis (4/1/2023) dilakukan penyerahan hadiah undian Semargres 2023 yang gelarannya berlangsung dari tanggal 1-30 November 2023,” ujar Mbak Ita, sapaan akrabnya.

Mbak Ita, sapaan akrab Wali Kota, menyebut bahwa penyelenggaraan Semargres 2023 memerlukan banyak evaluasi karena waktu perencanaannya yang mepet, dan publikasi dianggap masih kurang. Diskon dalam Semargres 2023 dirasa kurang besar karena berlangsung di akhir tahun, saat Pemerintah Kota Semarang tengah mengejar target pendapatan asli daerah.

“Mudah-mudahan bisa dilaksanakan (Semargres 2024-red) bulan Mei atau Juni, di mana saat itu merupakan low season. Harapannya nanti bersama Kadin, PHRI, Aprindo bisa membuat program atau paket yang menarik sehingga bisa menaikkan pendapatan Semargres 2024,” kata dia.

Ketua Panitia Semarang Great Sale (Semargres) 2023, Ade Pramudito, menyampaikan bahwa transaksi Semargres pada tahun 2023 mencapai Rp 254 miliar, mengalami penurunan Rp 100 miliar dari tahun sebelumnya. Dari evaluasi dan diskusi kecil, mereka berharap Semargres 2024 dapat diadakan bersamaan dengan perayaan HUT Kota Semarang pada bulan Mei, untuk mendongkrak kunjungan dan pendapatan pelaku usaha serta sektor wisata belanja, bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Semarang.

“Dari evaluasi dan diskusi kecil, kami berkeinginan agar Semargres 2024 mendatang bisa diadakan bersamaan dengan momen HUT Kota Semarang pada bulan Mei,” sebutnya.

“Dengan Semargres harapannya bisa mendongkrak kunjungan dan pendapatan para pelaku usaha, sektor wisata belanja bahkan PAD Kota Semarang,” lanjut Pramudito