SRAGEN (Pojokjateng.com) – Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mengirimkan 270 pesepeda dalam rangka perayaan “4th Anniversary Komunitas Sepeda Lipat Sragen” dari Pendapa Rumah Dinas Bupati pada Minggu (21/1/2024) pagi. Peserta yang berjumlah ratusan berasal dari berbagai daerah, termasuk Sragen, Jakarta, Banjarnegara, Tangerang, Yogyakarta, Batam, hingga Kalimantan.

Dengan cuaca yang sedikit mendung dan angin semilir, mereka dengan antusias mengayuh sepeda lipatnya mengelilingi sudut-sudut Bumi Sukowati di enam kecamatan, yaitu Sragen, Sidoharjo, Plupuh, Masaran, Kedawung, dan Karangmalang.

Sebelum memulai perjalanan, Bupati Yuni menyambut hangat para peserta dari luar Sragen. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat diadakan oleh komunitas-komunitas lain dengan melibatkan peserta dari berbagai daerah. Hal ini diharapkan dapat mendorong perkembangan pariwisata dan perekonomian di Sragen.

“Selamat datang di Sragen, semangat gowesnya dan menikmati pemandangan Sragen. Jangan lupa belanja oleh-oleh khasnya Sragen, ada bermacam kuliner, dan batik,” pesan Yuni.

Di sisi lain, Ketua Komunitas Lempitan Sragen, Roni Rendra, menjelaskan bahwa peserta menempuh jarak 47 kilometer dengan rute destinasi wisata Sragen. Kegiatan ini tidak hanya dalam rangka perayaan ulang tahun Lempitan Sragen yang keempat pada tanggal 12 Januari lalu, tetapi juga untuk mempererat tali silaturahmi antar-goweser dari berbagai daerah di Indonesia.

Roni berharap bahwa ke depannya, Lempitan Sragen dapat menyelenggarakan kegiatan serupa dengan partisipasi peserta yang lebih besar.

“Selain dalam rangka ultah Lempitan Sragen keempat yang jatuh pada tanggal 12 Januari lalu, sekaligus untuk menumbuhkan semangat silaturahmi goweser dari berbagai daerah di Indonesia,” jelas Roni.