SEMARANG (Pertamanews.id) – Liburan ke berbagai kota kini semakin mudah dengan beragam pilihan moda transportasi. Salah satu opsi transportasi yang menyenangkan untuk dipilih adalah kereta api.

Kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi unggulan yang banyak diminati masyarakat untuk berlibur, karena ketepatan waktunya serta memiliki waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan moda transportasi lain.

Salah satu kereta api favorit yang digunakan masyakat Jawa Tengah tidak lain adalah Kereta Api Kaligung. KA Kaligung merupakan KA yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang dan memiliki relasi dari Semarang Poncol menuju Weleri, Batang, Pekalongan, Pemalang hingga Tegal dan sebaliknya. KA Kaligung beroperasi 10 kali perjalanan atau 5 kali perjalanan pulang pergi setiap harinya.

Tren pertumbuhan penumpang KA Kaligung juga sangat baik, dimana pada kurun waktu 3 tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Untuk penumpang KA Kaligung pada tahun 2021 sebanyak 480.472 pelanggan, tahun 2022 sebanyak 803.523 pelanggan dan tahun 2023 sebanyak 876.758 pelanggan.

Dengan menggunakan KA Kaligung, ada banyak kota dan kabupaten dengan segudang wisata seru dan menarik yang bisa dikunjungi saat liburan. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata dekat stasiun kereta yang wajib dikunjungi.

Semarang:

  1. Kota Lama Semarang
    Bagi kalian yang senang mengunjungi wisata bersejarah maka Kota Lama Semarang menjadi salah satu pilihan yang harus di datangi karena ada banyak bangunan sejarang dari zaman perdagangan pada abad 19-20 masa itu. Kamu hanya perlu menempuh jarak 700 meter dari Stasiun Tawang Semarang dengan waktu tempuh kurang dari 5 menit dengan berjalan kaki.
  2. Lawang Sewu Semarang
    Lawang Sewu juga menjadi destinasi wajib jika kamu datang mengunjungi semarang karena tidak hanya bangunan bersejarah peninggalan belanda namun juga Lawang Sewu sebagai Kantor gedung bersejarah milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang awalnya digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Jika di anatara kamu senang dengan penelusuran bangunan cagar budaya cocok jadi salah satu list yang harus kamu kunjungi, dengan akses dari Stasiun Tawang Semarang hanya memerlukan waktu 10 menit dan jarak yang di tempuh hanya 4 kilometer.
  3. Klenteng Sam Poo Kong
    Terletak di Jalan Simongan Raya nomor 129, Semarang. Kelenteng Sam Poo Kong Semarang bukan sekadar tempat ibadah semata. Kelenteng ini juga menjadi tempat wisata ikonik yang sarat akan sejarah. Selain wisata ini di buka untuk umum akses menuju Klenteng Sam Poo Kong juga sangat mudah dari stasiun Tawang Semarang, hanya memerlukan waktu 10 menit dengan jarak tempuh 3-4 kilometer.
  4. Masjid Agung Jawa Tengah
    Jika kamu menyukai arsitektur islam maka harus berkunjung kesini karena kita bisa mencoba teropong untuk melihat semarang dari menara Asma’ul Husna setinggi 99 meter, Ini juga salah satu tempat stategis dari Stasiun Tawang Semarang hanya memerlukan waktu 15 menit kita sudah bisa melihat keindahan masjid dengan gaya arsitektur Arab dab Jawa

Weleri:

  1. Goa Bunda Maria Ratu Besokor
    Goa Maria berada di desa Besokor dan masih berada di daerah Weleri. Jarak dari stasiun Weleri hanya sekitar 4 km dan bisa anda tempuh selama 10 menit. Goa Bunda Maria menjadi tempat ziarah dan rekreasi yang cukup terkenal bagi umat katholik saat mengunjungi kabupaten Kendal untuk berdoa
  2. Bunga Tepi Sawah
    Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang gemar swafoto dan pemburu spot yang instagramable, lho! Kamu bisa menikmati berbagai spot foto dan minuman yang berada disana. Ketika sampai ke Stasiun Weleri, bisa langsung menuju Bunga Tepi Sawah karena jaraknya sangat dekat dengan stasiun yaitu 1 km saja dan hanya membutuhkan waktu 4 menit dengan menggunakan kendaraan.

Batang:

  1. Pantai Ujung Negoro
    Pantai Ujung Negoro bukan hanya sekadar tempat berlibur, tetapi juga cerminan ketenangan dan keindahan alam yang tak tergoyahkan. Keelokan alam ini menjadi panggilan bagi para pencinta petualangan. Dari stasiun berjarak 10 km dan hanya memakan waktu selama kurang lebih 17 menit.
  2. Taman Hiburan Rakyat Kramat
    Taman Hiburan Rakyat Kramat menyajikan pertunjukan panggung yang meriah, dari pertunjukan seni tradisional hingga konser musik modern. Suasana ceria dan penuh warna ini menciptakan pengalaman yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung. untuk menuju ke Taman Hiburan Rakyat Kramat, kita hanya memerlukan waktu kurang lebih 8 menit dengan jarak tempuh 3,1km.
  3. Tubing Pandansari
    Sangat cocok untuk kegiatan refresing bersama keluarga atau teman. Selain kegiatan tubing, disini juga menawarkan kegiatan camping dan outbound. Pengunjung juga akan diajak menikmati makanan olahan warga sekitar yaitu opak sambel. Dari stasiun berjarak 12,5km dengan waktu tempuh selama kurang lebih 25 menit saja.

Pekalongan:

  1. Pantai Pasir Kencana
    Selain keindahan alamnya, pantai ini juga menawarkan beragam aktivitas rekreasi, mulai dari berjemur di bawah sinar matahari yang hangat, bermain air di tepi pantai, hingga menikmati kuliner laut segar di warung-warung pinggir pantai. Untuk menuju ke Pantai berjarak 6,7km dari stasiun dan ditempuh selama 15 menit.
  2. Museum Batik Pekalongan
    Pameran di Museum Batik Pekalongan membawa pengunjung dalam perjalanan melalui zaman, menunjukkan perkembangan batik dari masa ke masa. Ruangan pameran dirancang dengan apik, menampilkan batik-batik dengan desain yang khas Pekalongan. Pengunjung dapat merasakan nuansa elegan dan beragamnya warisan budaya ini, mulai dari batik klasik hingga desain modern yang terinspirasi dari nilai-nilai tradisional. Dari statiun berjarak sejauh 3,9km dan ditempuh selama 9 menit saja.
  3. Wisata Mangrove Park
    Salah satu daya tarik utama Mangrove Park Pekalongan adalah pemandangan indah matahari terbenam di atas air. Mangrove Park Pekalongan juga menjadi tempat yang ideal untuk melakukan aktivitas ekowisata, seperti penanaman bakau dan pembersihan lingkungan. Melalui kegiatan ini, pengunjung dapat berpartisipasi dalam menjaga kelestarian hutan mangrove dan mendukung konservasi alam. Untuk menuju ke Mangrove Park kita hanya memerlukan waktu 15 menit yang berjarak 6km dari stasiun.

Pemalang:

  1. Makam Syeikh Maulana Samsudin
    Makam Syekh Maulana Samsudin berada di bibir Pantai Tanjungsari, Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan/ Kabupaten Pemalang. Beliau merupakan salah satu tokoh ulama terkenal dalam sejarah masuknya Islam di tanah Jawa yang disebarkan oleh Wali Songo. Di samping bangunan makam terdapat pohon besar yang sangat rimbun dan tinggi. Pohon ini unik, karena terdapat lima jenis tanaman dalam satu pohon. Tempat ini berjarak 4,1 km dengan waktu tempuh selama 9 menit.
  2. Pantai Joko Tingkir
    Pantai Joko Tingkir adalah salah satu tempat wisata yang ada di desa Nyamplungsari, kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Pantai Joko Tingkir ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. Lokasi ini berjarak 14 km dari stasiun dengan waktu tempuh selama 30 menit.

Tegal:

  1. Alun-alun Tegal
    Tegal memiliki Alun-Alun Kota Tegal yang bukan hanya tempat bersejarah, tetapi juga pusat kegiatan sosial masyarakat yang mempunyai jarak dari Staisun Tegal hanya 500 meter. Terdapat berbagai macam kuliner dan tempat asyik untuk berkumpul bersama keluarga maupun teman.
  2. Rita Park Tegal
    Rita Park merupakan Taman Rekreasi terbesar dan Pertama di Kota Tegal. Tersedia berbagai wahana hiburan, kolam renang, dan spot foto selfi yang keren. Tempat ini hanya berjarak 3 km dan ditempuh selama 11 menit dari stasiun.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata dekat stasiun yang bisa dijangkau dengan kereta! Tak perlu jauh-jauh, hanya ditempuh sekitar 5-30 menit dari stasiun untuk mendapatkan pengalaman seru selama liburan.

Selain beberapa lokasi wisata tersebut, sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat wisata, baik wisata sejarah, seni, alam, hingga wisata kuliner di sekitaran stasiun-stasiun kereta api di berbagai daerah.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa Stasiun kereta api terletak di tempat strategis, sehingga masyarakat bisa langsung jalan-jalan tanpa menempuh perjalanan panjang lagi.

“Dengan menggunakan KA Kaligung, masyarakat tidak perlu bingung dalam berwisata. Yang perlu dilakukan hanyalah membeli tiket kereta dan siapkan diri untuk berpetualang, berwisata di area sekitar stasiun di berbagai daerah,” tutup Franoto.

Berikut jadwal perjalanan keberangkatan KA Kaligung:
Keberangkatan Semarang Poncol tujuan Pemalang dan Tegal

  1. Stasiun Semarang Poncol: 05.00 WIB, 08.45 WIB, 13.50 WIB, 17.00 WIB, dan 19.40 WIB
  2. Stasiun Weleri: 05.34 WIB, 09.19 WIB, 14.24 WIB, 17.35 WIB, dan 20.13 WIB
  3. Stasiun Batang: 06.07 WIB, 09.52 WIB, 14.57 WIB, dan 18.08 WIB
  4. Stasiun Pekalongan: 06.21 WIB, 10.06 WIB, 15.11 WIB, 18.22 WIB, dan 20.53 WIB

Keberangkatan Tegal tujuan Weleri dan Semarang Poncol

  1. Stasiun Tegal: 05.05 WIB, 10.46 WIB, 12.32 WIB, 16.50 WIB, dan 20.30 WIB
  2. Stasiun Pemalang: 05.30 WIB, 11.09 WIB, 12.57 WIB, 17.14 WIB, dan 20.55 WIB
  3. Stasiun Pekalongan: 06.00 WIB, 11.38 WIB, 13.27 WIB, 17.43 WIB, dan 21.26 WIB
  4. Stasiun Batang: 06.12 WIB, 11.49 WIB, 13.38 WIB, dan 17.54 WIB