PURBALINGGA (Pertamanews.id) – Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kembali menjadi sorotan dalam sektor pariwisata dengan hadirnya Desa Wisata Onje. Desa yang berlokasi di lereng Gunung Slamet ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memesona, tetapi juga memperkenalkan pesona sejarah yang kaya.

Desa yang berada di Kecamatan Mrebet ini pun ditetapkan sebagai desa wisata yang menjadi andalan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan berbagai pihak terkait, Desa Wisata Onje menggabungkan pesona alam dengan kekayaan sejarah.

Baru-baru ini masyarakat Desa Onje, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga kini sudah bisa menikmati akses internet gratis melalui Program Internet Desa Provinsi Jawa Tengah. Akses internet gratis tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah. Desa Onje menjadi salah satu Desa yang mendapatkan bantuan internet gratis tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah (Diskominfo Jateng), Riena Retnaningrum mengatakan Internet Desa merupakan salah satu program terobosan dari Pemprov Jateng untuk menghadirkan internet di pedesaan seluruh Jawa Tengah.

“ Mendukung program prioritas Presiden Joko Widodo terkait percepatan tansformasi digital serta program prioritas PJ Gubernur Jawa Tengah terkait pengembangan layanan publik dengan peningkatan SPBE serta pengembangan pariwisata dan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif,” kata Riena, beberapa waktu lalu.

Hal ini menjadi faktor pendukung untuk Desa Wisata Onje dalam mengembangkan sektor Pariwisata, UMKM, serta peningkatan pelayanan pemerintah desa berbasis elektronik dan peningkatan literasi digital bagi masyarakat.

Ini menjadi daya tarik pengunjung yang menjadikan Desa Onje sebagai destinasi Wisata Jawa Tengah. Tidak hanaya itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan panorama pegunungan dan udara segar, tetapi juga dapat menapaki jejak sejarah yang melekat erat dengan Kabupaten Purbalingga.

Desa Wisata Onje, tidak hanya memikat dengan keindahan alamnya yang memesona. Desa ini juga menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari pengalaman yang mendalam dalam aspek religi, budaya, sejarah, dan keindahan alam.

Wisata Religi

Desa Wisata Onje dikenal sebagai tempat yang kaya akan kegiatan keagamaan. Berbagai ritual dan perayaan keagamaan diadakan di sini, menarik pengunjung yang ingin merasakan spiritualitas yang mendalam.

Kadipaten Onje sendiri adalah sebuah wilayah yang berdiri pada abad ke-15 masehi. Menurut babad onje, salah satu rujukan sejarah dari Kadipaten Onje.

Wilayah didirikan oleh Tepus Rumput, seorang pengembara yang sedang membuka lahan di lereng Gunung Slamet.

Terdapat makam Adipati Onje, seorang pemimpin yang memiliki nama besar pada zaman dulu di daerah ini beserta istri dan keturunannya.

Lalu ada makam Raden Sayyid Kuning. seorang pemuka agama besar di daerah Onje yang turut menyebarkan nilai-nilai keislaman di wilayah ini dan disegani oleh masyarakat sekitar.

Selain itu ada pula masjid Sayid Kuning yang didirikannya dan konon merupakan masjid tertua di Onje.

Desa Wisata Onje menawarkan pengalaman wisata yang holistik dan memuaskan bagi siapa pun yang berkunjung, memperkaya pengetahuan dan pengalaman spiritual serta meninggalkan kesan yang tak terlupakan dalam benak setiap pengunjungnya.

Wisata Alam

Bagi para pencinta petualangan dan wisata alam ekstrem, Desa Wisata Onje menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan menyusuri keindahan Sungai Klawing.

Sungai yang membelah desa ini tidak hanya memikat dengan pesonanya yang alami, tetapi juga menantang dengan jeram-jeramnya yang memacu adrenalin.

Dikelilingi oleh hutan-hutan yang hijau dan tebing-tebing batu yang gagah, Sungai Klawing menawarkan petualangan seru bagi para penggemar wisata minat khusus.

Perjalanan dimulai dari Desa Wisata Onje, di mana para wisatawan akan dipersenjatai dengan peralatan keselamatan dan dipandu oleh pemandu ahli yang berpengalaman.

Namun, di balik tantangan yang ada, Sungai Klawing juga menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

Pepohonan yang rindang, air yang jernih, dan suara gemericik air yang menenangkan menjadi teman setia selama petualangan menyusuri sungai ini.

Bagi para pencinta petualangan dan penggemar wisata minat khusus, menyusuri Sungai Klawing di Desa Wisata Onje adalah pilihan yang tepat.

Pengalaman yang mendebarkan dan keindahan alam yang memukau akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan dalam ingatan setiap petualang yang berani menaklukkan Sungai Klawing.