JAKARTA (Pertamanews.id) – Tiket.com salah satu platform perjalanan terdepan di Indonesia, menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) dalam upaya mewujudkan transformasi industri pariwisata Indonesia.

Keduanya sepakat, melanjutkan rangkaian program inovatif untuk memperkuat perjalanan wisatawan, khususnya dengan mendorong pergerakan perjalanan dalam negeri, memperluas penetrasi desa wisata melalui platform digital, dan mengangkat keunikan festival daerah.

Sebelumnya, pada tahun 2023 telah sukses dengan berbagai program kolaboratif seperti Jagoan Pariwisata, Industry Outlook, dan berbagai upaya promosi yang telah mendukung pertumbuhan pariwisata domestik.

Dari kesuksesan ini, tiket.com dan Kemenparekraf RI bersama-sama melanjutkan program inovasi dan menginspirasi di tahun 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasinya kepada tiket.com atas komitmen kerja sama yang dibangun beberapa tahun belakangan ini lewat program yang dikemas untuk memajukan pariwisata indonesia.

“Saya mengapresiasi tiket.com sudah berkomitmen menjadi mitra kita dalam pengembangan pariwisata dan terbukti dengan lahirnya moonshot program Jagoan Pariwisata sejak tahun 2022 dengan Kedeputian Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, serta berbagai program kolaborasi dengan Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara melalui program kode BBWI,” kata Sandiaga Uno sapaan akrabnya, lewat keterangan persnya, Jumat (16/2).

Selain itu, terdapat juga tourism industry outlook yang berkolaborasi dengan Pusdatin Kemenparekraf RI, sebagai bagian dari kolaborasi bersama karena there’s no great policy without good data.

” Semua data itu menjadikan kita lebih robust dalam menciptakan policy. Sekali lagi, kita sangat membutuhkan tiket.com apalagi di tahun-tahun yang menjadi titik terpenting dari kebangkitan kita,” tandasnya.

Senada dengan hal itu, Co-Founder & Chief Marketing Officer, Gaery Undarsa menyampaikan kesiapan untuk terus melanjutkan kolaborasi bersama Kemenparekraf di 2024 dengan tujuan untuk mengenalkan dan memajukan pariwisata indonesia.

“Sebagai mitra strategis dari Kemenparekraf, tiket.com akan terus melanjutkan sinergi yang telah dilakukan tahun sebelumnya dengan fokus mendorong akses digital untuk desa wisata, mempromosikan keunikan budaya dan festival daerah, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal dan perekonomian nasional,” tutur Gaery.

Dukungan Karisma Event Nusantara dan Pemberdayaan Desa Wisata di Tahun 2024 Kemenparekraf menetapkan program Karisma Event Nusantara (KEN) sebagai fokus prioritas di tahun 2024. Sebagai mitra utama, tiket.com turut serta untuk mendorong aktivitas publikasi dan promosi dari KEN 2024 yang memperkenalkan kekayaan budaya lokal melalui festival-festival yang menarik perhatian baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kolaborasi dalam KEN 2024 juga merupakan langkah strategis untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia dengan menciptakan pengalaman berwisata yang unik serta memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal di sepanjang lokasi festival.

Selain KEN 2024, tiket.com dan Kemenparekraf RI akan terus memperluas kerja sama tidak hanya pada dukungan penyelenggaraan acara, namun juga secara aktif terlibat dalam pemberdayaan pelaku usaha wisata terutama di Desa Wisata.

Melalui program Jagoan Pariwisata telah membuktikan dampak positifnya selama dua tahun terakhir terhadap pelaku usaha wisata di Desa Wisata, sebuah inisiatif yang terus diintensifkan.

“Kami melihat langkah strategis ini dapat mendukung target Kemenparekraf dalam memperluas akses pelaku desa wisata secara digital, mengenalkan festival kebudayaan ke masyarakat yang lebih luas, dan mendorong perputaran ekonomi di desa wisata. Dengan program inovatif, kami berkomitmen menjadikan pariwisata Indonesia menjadi destinasi yang semakin menarik bagi wisatawan domestik maupun internasional,” tutup Gaery.

Sinergi antara tiket.com dan Kemenparekraf di tahun 2024 mencerminkan komitmen bersama untuk mengembangkan pariwisata dalam negeri, dengan fokus pada pengembangan desa wisata dan pemberdayaan pelaku usaha wisata.

Melalui program-program inovatif dan kolaborasi yang erat, diharapkan industri pariwisata Indonesia akan semakin berkembang, menarik perhatian wisatawan domestik dan mancanegara, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal serta perekonomian nasional.