KABUPATEN SEMARANG (Pertamanews.id) – Dalam rangka menyambut Ramadhan dan IdulFitri, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk serahkan bantuan kepadakepada 1.000 dhuafa senilai Rp200 juta di lingkungan usahanya, Kabupaten Semarang.

Hal ini sebagai bentuk kepedulian Sido Muncul kepada masyarakat sekaligus turut serta dalam meringankan perekonomian masyarakat, kegiatan itu dilaksanakan di Agrowisata Pabrik Sido Muncul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Senin (25/3).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, hadir secara virtual dari Jakarta.

Irwan mengatakan, santunan bagi dhuafa ini rutin diberikan Sido Muncul yang diwujudkan dalam bentuk paket sembako. Penerima bantuan merupakan warga masyarakat di sekitar lingkungan pabrik, dari 3 desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Bergas dan Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang.

“Ini merupakan tahun ke-10 Sido Muncul melakukan kegiatan santunan bagi dhuafa di sekitar pabrik Sido Muncul. Adapun bantuan yang diberikan seperti beras, gula pasir, minyak goreng, biskuit, dan produk-produk Sido Muncul,” kata Irwan secara virtual, dalam acara ‘Santunan Untuk 1.000 Dhuafa di Kabupaten Semarang’, Senin (25/3).

Ditambahkan, selain bantuan bagi dhuafa, selama bulan Ramadhan Sido Muncul juga memiliki kegiatan lain, seperti penyerahan bantuan penanganan stunting di Jakarta, dan beberapa tempat lainnya. Selain itu, juga ada buka bersama yatim piatu dan warga di sekitaran kantor Sido Muncul, di Cipete, Jakarta.

“Sido Muncul tak hanya berorientasi bisnis saja, tetapi pada momentum Ramadhan ini menjadi kesempatan bagi Sido Muncul untuk makin meningkatkan kepeduliannya kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar lingkungan usahanya. Kami merasa sangat bahagia melakukan kegiatan sosial seperti ini,” imbuhnya.

Menurut Irwan, berbuat kebaikan itu merupakan kesempatan dan tidak semua orang mendapatkan kesempatan seperti ini.

“Semoga santunan yang kami berikan bisa bermanfaat bagi para penerima dan masyarakat bisa merayakan Lebaran dalam keadaan yang baik,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Pabrik Sido Muncul, Wahyu Widayati; Bupati Semarang, Ngesti Nugraha; Kepala Dinas Sosial Kabupaten Semarang, Istichomah; dan jajaran muspika setempat. Acara juga diisi dengan tausiyah dari Ustad K.H. Jumadi Ahmad Salif.

Secara simbolis, santunan diserahkan Kepala Pabrik Sido Muncul, Wahyu Widayati, kepada Bupati Semarang, Ngesti Nugroho, disaksikan Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat. Selanjutnya, bantuan diteruskan kepada 5 perwakilan warga penerima bantuan dari Kecamatan Bergas dan Kecamatan Pringapus.

Bupati Ngesti Nugroho dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasinya kepada Sido Muncul atas kepeduliannya kepada masyarakat di Kabupaten Semarang.

“Terima kasih kepada Sido Muncul dan Pak Irwan Hidayat, bantuan paket sembako ini sangat membantu warga di tengah melonjaknya harga sembako di lapangan,” ujarnya.

Tak berhenti disitu, lanjut Bupati, berkat kepedulian Sido Muncul dalam hal bantuan penanganan stunting, pada tahun ini Kabupaten Semarang mendapatkan predikat ranking ke-2 kasus stunting terendah se Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, bantuan penanganan stunting dari Sido Muncul sebesar Rp300 juta beberapa waktu lalu turut membantu pemerintah Kabupaten Semarang menekan angka stunting menkadi 3,4%, peringkat ke-2 terendah di Jawa Tengah, setelah Kota Semarang,” tandasnya.