SEMARANG (Pertamanews.id) – Makna bulan Ramadan bagi umat Islam yang pertama adalah Sebagai bulan di mana umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selama berpuasa umat islam diwajibkan untuk menahan segala hawa nafsu, berperilaku sabar, dan tahan akan adanya ujian.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa (Ramadan) merupakan perisai dan benteng yang kokoh dari siksa api neraka.” (HR. Ahmad dan al-Baihaqi).

Selain itu, berpuasa di bulan Ramadan adalah salah satu rukun Islam. Karena itulah makna bula Ramadan bagi umat islam sangatlah besar. Ramadan penuh dengan berbagai macam kebaikan serta keberkahan.

Senada dengan hal itu, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, menyampaikan Ramadhan bukan hanya sekadar bulan berpuasa, tetapi juga merupakan momen penting dalam membentuk karakteristik seorang hamba yang bersyukur.

Ia mengungkapkan bahwa Ramadhan memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi umat Islam.

“Ramadhan bukan hanya soal menahan lapar dan haus, tetapi lebih dalam dari itu, yaitu membentuk karakteristik seorang hamba yang bersyukur kepada Allah SWT,” ujar Ferry, Selasa (26/3).

Ferry menambahkan bahwa puasa Ramadhan mengajarkan kesabaran, pengendalian diri, dan rasa syukur yang mendalam.

“Saat kita berpuasa, kita belajar untuk mengendalikan hawa nafsu dan emosi, serta memahami arti dari nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita sehari-hari,” tambahnya.

Selain itu, Politikus partai Golkar ini juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan hati dan pikiran selama bulan suci Ramadhan.

“Puasa tidak hanya menjaga mulut dari makanan dan minuman, tetapi juga menjaga mulut dari ucapan yang buruk, serta menjaga hati dan pikiran dari hal-hal yang negatif,” tegas Ferry.

Ia mengajak seluruh umat Islam untuk memanfaatkan momen Ramadhan dengan sebaik-baiknya, seperti meningkatkan ibadah, memperbanyak sedekah, serta meningkatkan hubungan baik dengan sesama.

“Semoga Ramadhan kali ini menjadi ladang amal yang membawa berkah dan maghfirah bagi kita semua,” tutupnya.