SEMARANG (Pertamanews.id) – Universitas Diponegoro memiliki fasilitas megah berupa Gedung Serba Guna yang dinamai dengan Muladi Dome. Nama ini diambil dari nama Prof. Muladi, mantan Rektor Universitas Diponegoro dan juga pernah menjabat Menteri Kehakiman, Menteri Sekretaris Negara RI dan Hakim Mahkamah Agung.

Dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Wakil Rektor, Ketua Senat Akademik, Wakil Ketua Majelis Wali Amanat, para Dekan, serta keluarga almarhum Prof. Muladi, Acara peresmian berlangsung pada Jumat (5/4).

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menjelaskan mengapa Gedung Serba Guna Undip yang baru ini diberi nama Muladi Dome. “Gedung ini diberi nama Muladi Dome, karena Beliau yang mengawali mengangkat nama UNDIP sehingga berhasil masuk dalam jajaran Nasional dan Internasional. Jadi kita berikan nama ini sebagai penghormatan atas jasa-jasa yang Beliau berikan,” terang Prof Yos.

Prof Yos juga menjelaskan filosofi desain Muladi Dome. “Saat kita kecil dulu, pasti kita senang saat orang tua kita membawa pulang besek atau berkat. Besek ini membawa kebahagiaan. Semoga Muladi Dome ini selalu membawa keberkahan dan kebahagiaan bagi warga yang menggunakannya,” kata Prof Yos.

Sementara Istri almarhum Prof. menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Universitas Diponegoro kepada almarhum. “Saya mengucapkan selamat kepada UNDIP atas terselesaikannya pembangunan Gedung Serba Guna ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Diponegoro yang telah memberikan penghargaan yang luar biasa dengan memberikan nama Gedung Seba Guna ini dengan nama suami saya, Prof. Muladi,” ucap Istri Prof Muladi.

Muladi Dome dibangun dengan masa pelaksanaan 450 hari kalender, dimulai Desember 2022 hingga Maret 2024. Muladi Dome merupakan gedung dengan 3 lantai bertribun, dan dilengkapi dengan area parkir di area depan dan basement.

Area basement juga dilengkapi dengan 2 mushola berkapasitas masing-masing 150 orang. Lantai 1 Muladi Dome memiliki beberapa ruang seminar, ruang co-working, serta belasan tenant dan foodcourt. Lantai 2 Muladi Dome merupakan ballroom yang dilengkapi dengan 2 unit movable partition, sehingga ballroom dapat dibagi menjadi 3 ruangan berkapasitas masing-masing 1500 orang. Berukuran 90×60 meter persegi dengan kapasitas total 4500 orang ditambah 700 orang di tribun, membuat ballroom Muladi Dome menjadi yang terbesar di Jawa Tengah.

Dengan diresmikannya Gedung Serba Guna yang ikonik yakni dengan atap yang mirip dengan besek sebagai simbol berkah dan penghormatan, multifungsi, representatif, terbesar, dan termegah di Jawa Tengah ini, harapannya UNDIP dapat terus mensejahterakan civitas academica di dalamnya beserta masyarakat di sekitarnya.