SEMARANG (Pertamanews.id) – Ribuan warga memadati kegiatan nonton bareng (nobar) antara Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-23 melawan Korea Selatan U-23 di halaman Balai Kota Semarang, Jumat (25/4) malam. Bahkan kehadiran para suporter tersebut sampai meluber hingga ke Jalan Pemuda.

Sorak-sorai dukungan salah satunya dari Ultras Garuda Indonesia Kota Semarang yang menggema diiringi variasi pukulan drum.

Apalagi setelah Indonesia memastikan lolos Semifinal Piala Asia U23 usai menang melalui drama adu penalti dengan skor 2-2 (11-10) atas Korea Selatan di babak perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar pada Jumat (26/4) dini hari, ribuan penonton yang hadir di Balai Kota Semarang bersorak sorai. Bahkan ada beberapa yang terlihat menangis dan teriak histeris menyaksikan perjuangan Pratama Arhan dan kawan-kawan melalui layar lebar yang disediakan Pemkot Semarang.

Di sepanjang laga, dukungan para penonton juga tak henti-hentinya apalagi ada undian doorprize yang disediakan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Bank Jateng, serta sponsor lainnya.

Salah satu penonton, Irwan mengaku terkejut karena kegiatan nonton bareng ini sangat meriah. Dirinya juga tak menyangka doorprize-doorprize yang diberikan tidak main-main. Apalagi ada tambahan hadiah angpau secara pribadi dari Mbak Ita sapaan akrab Hevearita Gunaryanti Rahayu untuk para penonton yang beruntung. Pria berusia 24 tahun itu pun sangat mengapresiasi inisiasi kegiatan nonton bareng ini.

“Sangat seru bisa nonton bareng sama Bu Wali, gak nyangka malam-malam bisa ikut gabung nobar di tengah kesibukannya,” ujar warga Plombokan, Kecamatan Semarang Utara itu.

Penonton lainnya, Faisal warga Brebes mengaku juga mengaku senang mengikuti kegiatan nonton bareng di Balai Kota Semarang. Apalagi ia dipilih oleh Wali Kota Semarang untuk menjawab quiz dan berhasil mendapatkan mesin cuci.

“Gak nyangka sih malam-malam niatnya mau nobar tapi malah dapat doorprize. Senang sekali dengan nobar di sini,” terangnya.

Ia berharap kegiatan nonton bareng bisa kembali diadakan apalagi Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak semi final. “Semoga ada kegiatan nobar lagi ya karena ini sangat ramai sekali, sangat antusias,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengucapkan syukur atas kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Korea Selatan melalui drama adu penalti 2-2 (11-10). Atas hasil ini Timnas Indonesia mengukir sejarah bisa melaju sampai ke babak Semi final Piala Asia U-23.

Jika Timnas Indonesia melaju ke babak final, pihaknya berencana akan mengadakan kegiatan nobar di Lapangan Pancasila Simpang lima Semarang. Pihaknya akan menyelenggarakan kegiatan nonton bareng lebih meriah dengan hadiah yang lebih banyak.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa. Saya melihat dari IG di mention ada dari Brebes, kemudian Ungaran, jauh-jauh. Bahkan ada yang sudah mengirimkan pesan bahwa diminta untuk membuat kegiatan lagi, sehingga diharapkan Timnas bisa melaju sampai babak final dan juara. Apalagi bisa sampai lolos Olimpiade,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengapresiasi perjuangan para pemain yang terus berjuang extra di laga yang berakhir dengan drama adu penalti. Dirinya berdoa, Timnas Indonesia selalu diberi kemudahan, kelancaran, dan kemenangan di turnamen ini agar bisa lolos Olimpiade. Sebagai mana diketaui, tiga besar di turnamen ini akan otomatis lolos Olimpiade Paris 2024.

Hal ini karena ada tiga slot untuk peserta Olimpiade 2024 cabang olah raga Sepakbola dari Piala Asia AFC. Tiga slot itu hanya didapatkan bagi mereka yang berhasil menjadi Juara, Runner Up, dan Peringkat 3. Sedangkan posisi empat besar harus menjalani play off melawan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023, Guinea.