KEBUMEN (Pertamanews.id) – Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono menekankan pentingnya untuk menggencarkan upaya promosi Geopark Kebumen guna meningkatkan kunjungan wisata dan menggerakkan perekonomian di daerah tersebut.

Geopark Kebumen, dengan kekayaan alam dan geologi yang luar biasa, telah menjadi magnet bagi para wisatawan yang tertarik dengan keindahan alam dan sejarah geologisnya.

Namun, potensi besar ini belum sepenuhnya dimanfaatkan karena kurangnya promosi yang memadai.

Dia menyoroti pentingnya sinergi antara pemerintah daerah, pelaku wisata, dan masyarakat dalam mengembangkan Geopark Kebumen menjadi destinasi yang lebih menarik dan berkelanjutan. Ia juga menegaskan perlunya peningkatan aksesibilitas dan fasilitas pendukung di sekitar Geopark untuk memudahkan wisatawan dan memperluas dampak ekonominya bagi masyarakat lokal.

“Pemerintah daerah harus berperan aktif dalam mendukung promosi Geopark Kebumen ini, tidak hanya dalam skala lokal tetapi juga nasional maupun internasional,” ujar Ferry, Senin, (29/4).

Promosi yang efektif juga dapat menarik minat investor untuk berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur pariwisata dan bisnis terkait lainnya di sekitar Geopark Kebumen. Dengan demikian, akan terjadi peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di wilayah tersebut.

“Dengan promosi yang tepat, kita bisa mengangkat potensi wisata alam dan budaya yang dimiliki Geopark Kebumen, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Ferry.

Senada dengan hal itu, Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto mengatakan, semakin sering Geopark Kebumen disosialisasikan maka semakin besar pengetahuan masyarakat tentang geopark. Efeknya masyarakat bisa memahami fungsi dari pada kelestarian alam dan keanekaragaman hayati, keragaman Geologis, lingkungan dan budaya.

“Kepedulian dengan hal-hal kecil ini yang diperhatikan untuk menciptakan hal yang besar, misal dengan Logo Yout Forum ini harus di sosialisasikan dengan cara yang kekinian,” kata Bupati Arif didampingi Wakil bupati Ristawati Purwaningsih saat menghadiri silaturahmi dan sosialisasi Geopark Kebumen menuju Unesco Global Geopark di Pendopo Kabumian Kebumen, baru-baru ini.

Tak hanya itu, Bupati mengajak masyarakat sekitar untuk andil dalam mensukseskan Geopark Kebumen masuk dalam Geopark Global Unesco. Bupati juga meminta agar sosialisasi kepada masyarakat terus digencarkan sehingga keberadaan geopark kebumen benar-benar didukung masyarakat.

“Masyarakat ini harus dilibatkan, agar masyarakat memahami betul tentang Geopark, ini adalah modal awal kita untuk mengangkat Kabupaten Kebumen lebih besar dan mendunia,” tambah Bupati.