SEMARANG (Pertamanews.id) – Buruh merupakan elemen penting dalam membangun sebuah bangsa dan negara. Buruh juga merupakan tiang utama yang turut menentukan perekonomian suatu negara.

Kemajuan dan pembangunan suatu negara atau daerah tidak bisa terwujud tanpa adanya para pekerja atau buruh.

Pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2024, Wakil Ketua DPRD Jateng, Ferry Wawan Cahyono mengajak perusahaan-perusahaan di wilayah Jawa Tengah untuk memberikan prioritas yang lebih besar terhadap kesejahteraan para buruh.

Ferry menekankan pentingnya menghormati dan memperjuangkan hak-hak para pekerja, terutama di tengah dinamika ekonomi yang terus berkembang.

Ia menegaskan bahwa kesejahteraan buruh adalah landasan utama bagi pembangunan yang berkelanjutan.

“Di Hari Buruh Internasional ini, mari kita bersama-sama menghargai jasa-jasa para buruh dalam membangun ekonomi dan kemakmuran bangsa. Kita harus memastikan bahwa mereka mendapatkan upah yang layak dan perlindungan yang memadai,” ujar Ferry, Rabu (1/5).

Selain itu, Ferry juga menyerukan agar pemerintah daerah terus berperan aktif dalam mengawasi implementasi kebijakan ketenagakerjaan dan memastikan perlindungan sosial yang memadai bagi para buruh.

Politisi Partai Golkar ini juga berharap kekompakan dan kebersamaan para buruh dapat terus terjaga dengan baik dan lebih solid.

Menurutnya, kebersamaan adalah kunci untuk mencapai perubahan yang signifikan dalam kondisi buruh.

“Kekompakan para buruh menjadi pondasi utama dalam memperjuangkan hak-hak mereka. Solidaritas yang kuat akan memperkuat posisi para pekerja dalam bernegosiasi dengan pihak pengusaha,” ungkap Ferry.

Ferry mengingatkan bahwa momentum tersebut bukan hanya sebagai ajang perayaan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk merenungkan perjuangan para buruh dan mengukur sejauh mana capaian hak-hak mereka.

“Di Hari Buruh Internasional, mari kita semua merenungkan perjuangan panjang para pekerja dalam mencapai kondisi kerja yang adil dan manusiawi. Kita harus terus menguatkan solidaritas di antara kita agar aspirasi bersama dapat terwujud,” tambahnya.

Dia juga mendorong pemerintah daerah untuk terus mendukung upaya-upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi para buruh di Jawa Tengah.

Diharapkan kekompakan dan kebersamaan para buruh di Jawa Tengah dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga mereka dapat mencapai kondisi kerja yang lebih adil dan sejahtera di masa depan.
“Saya atas nama pribadi dan institusi mengucapkan Selamat Hari Buruh 2024, mari bersama-sama memperjuangkan hak-hak buruh dan pekerja mendapatkan keadilan dan kesejahteraan yang layak.” tutupnya.