SEMARANG (Pertamanews.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNDIP kembali mengajak guru-guru PAUD di wilayah Kecamatan Tembalang dan Banyumanik dalam kegiatan outing dan seminar dalam upaya mengembangkan keterampilan guru PAUD terutama dalam memberikan pendidikan karakter untuk anak usia dini.

Kegiatan outing dan seminar dilaksanakan di Solo pada 27-28 April 2024. Kegiatan tersebut merupakan implementasi pengabdian kepada masyarakat dan kepedulian Universitas Diponegoro kepada guru PAUD. Pada kegiatan ini, LPPM UNDIP mengundang dua narasumber handal yakni Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. dari Universitas Islam Malang dan Dra. Darosy Endah Hyoscyamina, M.Pd. atau yang lebih akrab disapa bunda Darosy, Pengajar sekaligus Psikolog dari Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. mengucapkan terima kasih kepada guru-guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang dengan tulus dan sabar mendidik anak-anak. Prof Yos sangat mengapresiasi peran para guru PAUD yang mengajarkan ilmu dan budi pekerti kepada anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi muda penerus bangsa.

“Setiap huruf dan angka yang bapak ibu ajarkan dengan iklhas kepada murid, setiap tulisan menjadi pahala untuk bapak dan ibu guru. Bapak dan ibu semua adalah orang-orang pilihan yang Insya Allah mendapatkan pahala surga,” ucap Prof Yos.

Sementara dalam laporannya, Prof. Dr.-Ing. Ir. Suherman, S.T., M.T. selaku Ketua LPPM UNDIP menyampaikan bahwa kegiatan ini wujud pengabdian masyarakat dan kepedulian kepada guru PAUD.

“Kegiatan yang dikemas dengan training dan games atau permainan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi guru-guru PAUD,” ujar Prof Suherman.

Kegiatan outing dan seminar ini adalah yang kedua. Sebelumnya LPPM UNDIP telah melaksanakan bersama guru PAUD di Yogyakarta pada 2-3 Maret 2024, https://www.undip.ac.id/post/33950/peduli-paud-undip-melatih-guru-dalam-program-pengembangan-diri.html.

Sebelum pemaparan materi, Dr. Eko Setiawan, S.Pd.I., M.Pd. mengajak peserta yakni guru-guru PAUD untuk berkomitmen yakni tepat waktu, no HP & no ngobrol, belajar aktif, belajar sepenuh hati, dan progresif. Dalam kesempatan ini ia menyampaikan “Cara Guru Merebut Hati Murid”.

Beberapa tips yang dilakukan untuk merebut hati murid diantaranya: Asertif (menunjukkan ekspresif); Menghargai; Pandai membina hubungan baik; Usaha yang optimal; dan Hindari ancaman dan kekerasan. Untuk memudahkan mengingat, kelima tips tersebut disingkat dengan AMPUH.

Dilanjutkan dengan narasumber kedua yakni Dra. Darosy Endah Hyoscyamina, M.Pd. atau akrab disapa bunda Darosy, pengajar sekaligus psikolog dari Fakultas Psikologi UNDIP. Bunda Darosy membagikan hal-hal yang perlu dilakukan guru PAUD dalam materinya tentang “Didiklah dengan Cinta dan Contoh”. Bunda Darosy menitipkan 3 (tiga) hal untuk para guru PAUD.

Pertama, bimbing anak agar senang dalam amal sholeh dengan senyum, sapa dan salam. Kedua, beri rasa kebahagiaan bukan ketakutan atau ancaman. Ketiga, pembiasaan akhlak mulia dengan membiasakan ucapan tolong, terima kasih, maaf dan permisi.

Kegiatan outing dan seminar untuk guru PAUD di sekitar kecamatan Tembalang dan Banyumanik digagas langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro yang telah menyelesaikan masa jabatan di akhir bulan April 2024. Kepedulian Rektor UNDIP kepada guru PAUD merupakan wujud UNDIP adalah kampus rahmatan lil alamin, penuh kasih sayang.