SEMARANG (Pertamanews.id) – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah (Jateng) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) ke 73 Tahun 2024, di halaman Kantor Kejati Jateng, Senin (6/5) pagi.

Upacara peringatan HUT PERSAJA ke 73 Tahun 2024 dipimping langsung Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Tengah, Dr. I Made Suarnawan, SH, MH dan diikuti oleh Para Asisten dan Kabag TU, Para Koordinator, serta seluruh Pegawai dilingkungan Kejati Jateng.

Mereka berkumpul dengan penuh semangat untuk merayakan perjalanan panjang Persatuan Jaksa Indonesia, yang telah menjadi tiang penegakan hukum dan keadilan di negeri ini selama 73 tahun.

Kajati Made mengatakan, peringatan HUT PERSAJA ke-73 menjadi momentum penting bagi kita semua untuk menguatkan komitmen dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai penegak hukum yang berintegritas dan profesional.

“Peringatan HUT PERSAJA ke-73 seorang insan kejaksaan harus menunjukkan bahwa selain sebagai penegak hukum, kita juga menjunjung tinggi nilai-nilai dan tanggung jawab sebagai penegak hukum,” ujarnya.

Made juga menegaskan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat serta memperkuat integritas dan profesionalisme di kalangan jaksa.

” Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan hukum kepada masyarakat, karena kami menyadari betapa pentingnya akses terhadap keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat,” imbuhnya.

Selanjutnya, Kajati Made yang membacakan amanat Jaksa Agung ST Burhanuddin, tema hari ulang tahun PERSAJA kali ini, seirama dengan tujuan institusi Kejaksaan untuk semakin mempertegas posisi Jaksa sebagai poros penegakan hukum, baik dalam dimensi maupun lingkupnya.

Jaksa Agung juga mengingatkan untuk menerapkan pola hidup sederhana di lingkungan masyarakat baik secara langsung maupun dengan sarana digital, serta cermat dan bijak dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai seorang jaksa.

Oleh karena, itu keberadaan PERSAJA sangat strategis dalam mendukung terbentuknya Jaksa – Jaksa yang profesional, responsif, integritas, mumpuni dan andal sebagai pondasi utama menuju transformasi penegakan hukum yang kita cita-citakan, pungkasnya.

Usai upacara, kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan nasi tumpeng, yang menghadirkan suasana kehangatan dan keakraban di antara para insan Kejaksaan.