SEMARANG (Pertamanews.id) – Sektor Pariwisata akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, untuk itu Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono berharap pemerintah daerah serius dalam pengembangan sektor pariwisata di Jawa Tengah.

Ferry menyoroti potensi besar yang dimiliki oleh sektor pariwisata dalam meningkatkan PAD daerah, ia juga mendorong pemerintah daerah harus terus mendorong peningkatan sektor pariwisata guna memberikan multiplayer efek bagi perekonomian masyarakat.

“Jawa Tengah memiliki beragam potensi wisata yang luar biasa, mulai dari wisata alam, budaya, sejarah, hingga kuliner,” ujarnya, Senin (6/5).

Menurut data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah, kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah terus mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Wisatawan domestik dan mancanegara memenuhi destinasi-destinasi populer seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, serta destinasi alam seperti Dieng Plateau dan Karimunjawa.

Ferry juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah, pelaku usaha pariwisata, dan masyarakat lokal untuk mengoptimalkan potensi pariwisata Jawa Tengah.

“Kerjasama yang baik antara semua pihak akan membawa dampak positif dalam peningkatan PAD daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Di samping itu, pengembangan potensi wisata lokal juga menjadi fokus utama, Ferry menegaskan pentingnya memperhatikan dan mengembangkan potensi wisata di daerah-daerah yang belum terlalu terjamah oleh wisatawan.

“Dengan demikian, kita dapat meratakan distribusi manfaat ekonomi pariwisata dan memperkuat ekonomi lokal,” jelasnya.

Dengan komitmen serius dari pemerintah daerah serta dukungan dari berbagai pihak terkait, diharapkan sektor pariwisata Jawa Tengah dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah, serta mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan