SEMARANG (Pertamanews.id) – Perayaan HUT ke-44 Dekranas dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 PKK, yang berlangsung di Kota Surakarta, memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat. Mulai dari tingkat hunian hotel yang tinggi, hingga peningkatan pendapatan bagi para ahli rias.

Ema Rachmawati, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jateng, menyatakan bahwa pemerintah provinsi beserta pihak terkait telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut para tamu dalam acara tersebut. Persiapan tersebut mencakup aspek konsumsi, keamanan, dan lokasi acara.

Alhamdulillah, kita sudah siap, di Dekranas Dinas Perindag sudah siap dengan acara di Alila. Kalau provinsi kan (persiapkan) ini, dan HKG alhamdulillah sudah 90 persen siap diselenggarakan. Jambore PKK, dimulai tanggal 14 Mei besok,” tuturnya, di temui di sela-sela pemantauan kesiapan di Taman Balekambang, Minggu (12/5/2024).

Menurutnya, persiapan tersebut diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat, terutama terlihat dari tingginya tingkat hunian hotel selama acara berlangsung.

“UMKM pasti akan aktif semua. Hotel-hotel sudah penuh, transportasi, bahkan jasa makeup artist sudah habis. Bahkan penari-penari juga banyak yang disewa, begitu juga dengan mobil hias. Makanan juga sudah disiapkan secara katering, masing-masing provinsi mencari makanan sendiri. Saya sudah menyampaikan daftar katering, pasti UMKM akan terangkat,” jelasnya.

Ema juga menyebutkan bahwa acara tersebut didukung oleh Bank Jateng, yang memberikan dukungan berupa souvenir dan menyelenggarakan acara makan gratis bagi para kader PKK.

“Untuk acara makan gratis bagi kader PKK, nanti disediakan makanan khas Solo (di Balekambang) ada menu khas HIK, tengkleng, nasi liwet, gempol pleret, hingga es puter,” imbuh Ema.

Rangkaian acara berlangsung mulai tanggal 14 hingga 18 Mei 2024, dimulai dengan welcome dinner pada tanggal 14 Mei, ekspo UMKM kriya, dan penampilan musisi terkenal di Pamedan Pura Mangkunegaran dari tanggal 15 hingga 18 Mei. Selain itu, juga ada peragaan busana wastra nusantara di Plaza Taman Sriwedari pada tanggal 15 Mei.

Acara dilanjutkan dengan parade mobil hias pada tanggal 15 Mei, dari Stadion Sriwedari menuju Balaikota Surakarta. Puncak acara HKG ke-52 diadakan pada tanggal 16 Mei di Balekambang, dan rangkaian acara berakhir pada tanggal 18 Mei di Pamedan Mangkunegaran.