SEMARANG (Pertamanews.id) – Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., temui mahasiswa dalam kegiatan Duduk Bareng Rektor ‘Serap Aspirasi Mahasiswa’ yang diselenggarakan di Gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Semarang, Rabu (15/5) pagi.

Kegiatan itu dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas yang antusias menyampaikan kritik dan saran mereka langsung kepada pimpinan universitas.

Dalam sambutannya, Prof. Suharnomo menekankan pentingnya komunikasi dua arah antara pimpinan universitas dan mahasiswa.

“Kegiatan seperti ini merupakan wujud komitmen kami untuk selalu mendengarkan aspirasi mahasiswa. Kami tidak akan menutup mata terhadap kritik dan masukan yang konstruktif demi kemajuan bersama,” ujar Prof Suharnomo.

Mahasiswa yang hadir memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan berbagai isu, mulai dari fasilitas kampus, kurikulum, hingga transparansi administrasi.

Diskusi berlangsung hangat dan produktif, dengan Prof. Suharnomo beserta jajaran pimpinan universitas memberikan tanggapan dan solusi atas setiap pertanyaan yang diajukan.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip, Farid Darmawan, menyambut baik respons Rektor dan jajaran pimpinan Undip atas undangan dialog terbuka ini.

Setelah ini, yang terpenting ialah bagaimana pihak kampus menindaklanjuti setiap kritikan, masukan, atau persoalan yang telah mahasiswa sampaikan.

“Kalau hanya berbicara akan difasilitasi, akan dianggarkan, itu mungkin mudah, tapi yang perlu menjadi catatan adalah apakah benar-benar akan dilaksanakan,” ujar Farid.

Adanya kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Universitas Diponegoro tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga peduli terhadap kesejahteraan dan perkembangan mahasiswanya.

Dengan adanya dialog terbuka ini, diharapkan berbagai permasalahan yang ada dapat segera teratasi dan Undip terus berkembang menjadi institusi pendidikan yang unggul dan responsif terhadap kebutuhan zaman.