SEMARANG (Pertamanews.id) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang terdiri atas Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (Ilkom USM) memberikan Pelatihan Digital Marketing Strategi Membuat Konten Yang Optimal di SMK Negeri 8 Semarang, Senin (13/5).

Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini terdiri dari 9 Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM yakni Abid Dawamullatif sebagai pemateri 1, Iktifar Sukma Nanda sebagai pemateri 2, dengan beranggotakan Ananda Putri Febriana, Aura Adzroo Anggulia, Septiani Ayu Wulandari, Dila Aenazaena Alislam, Gentha Jagad Bagaskara, Hendry Susanto, dan Akbar Maulana.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, sebagai pengembangan sumber daya masyarakat terkait strategi pembuatan konten yang optimal yang di ikuti oleh 33 siswa dan siswi kelas 11 DKV 1 di Lab Komputer SMK Negeri 8 Semarang, dan berlangsung dari pukul 10.30- 14.30WIB.

Pemateri pertama, Abid Dawamullatif mengungkapkan bahwa terdapat berbagai hal yang menjadi penentu untuk fyp (For You Page)  seperti niche, hook dan algoritma. 

“Rahasia membuat konten agar optimal dan fyp (For You Page) meliputi beberapa hal seperti menentukan niche, hook, sampai dengan algoritma” ungkap Abid

Pemateri kedua, Iktifar Sukma Nanda mengungkapkan berkaitan dengan pentingnya membangun portofolio untuk persiapan memasuki dunia kerja 

 “Membangun portfolio dan memiliki softskill adalah hal yang sangat penting untuk memasuki dunia kerja” tutur Iktifar 

Peserta pelatihan, Dimas turut antusias dengan penyelenggaraan pelatihan digital marketing dikarenakan dapat meningkatkan wawasan dan diawakan dengan cara yang menyenangkan. 

“Saya antusias mengikuti pelatihan digital marketing yang dibawakan oleh kakak-kakak mahasiswa dari Universitas Semarang karena semakin menambah wawasan saya dan ditambah dengan adanya ice breaking dan doorprize yang semakin meramaikan pelatihan ini” ungkap Dimas,

Sementara salah satu wali dari  SMK Negeri 8 Semarang yaitu Bapak Hendra Dwi Permana, S. Pd. Selaku ketua kompetensi keahlian DKV memberikan tanggapan positif untuk Tim Pengabdian Masyarakat yang sudah melakukan kegiatan tersebut.

“Terimakasih sudah membagi ilmu tentang strategi membuat konten yang optimal, semoga para siswa dapat menggunakan ilmunya yang sudah dibagi sebaik mungkin dan bermanfaat untuk masa depan,” ujarnya.