SEMARANG (Pertamanews.id) – Pokja 3 PKK Kelurahan Gisikdrono mengadakan acara larung Eco Enzyme di tiga titik kali di wilayah Kelurahan Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sampah dan meningkatkan kualitas lingkungan. Jumat (17/5)

Ketua Pokja 3 Kelurahan Gisikdrono, Ibu Hj. Hardjani, menjelaskan bahwa penggunaan Eco Enzyme merupakan langkah efektif dalam menangani sampah.

“Dengan adanya Eco Enzyme ini, dapat membantu mengurangi sampah-sampah yang terdapat kali,” ungkap Hardjani.

Proses pembuatan Eco Enzyme memakan waktu hingga tiga bulan, dengan tahap fermentasi awal selama dua minggu dan penutupan hingga tiga bulan.

Ketua Penggerak PKK Kelurahan Gisikdrono, Ibu Rosita Priyatna, juga menyampaikan dukungannya terhadap program ini.

“Saya sebagai ketua penggerak sangat setuju dengan adanya program EcoEnzyme. Dengan adanya program ini harapannya sampah di desa Gisikdrono bisa berkurang,” ujarnya.

Selain itu, Rosita berharap program ini tidak hanya bermanfaat bagi Gisikdrono, tetapi juga bisa diikuti oleh kelurahan lain di seluruh Kota Semarang.

Lurah Gisikdrono, Priyatna, menekankan manfaat EcoEnzyme dalam membersihkan lingkungan dan mendukung urban farming.

“Penggunaan Eco Enzyme yang dibuat oleh masyarakat Gisikdrono menghilangkan penyakit atau kuman yang ada di kali serta dapat menyuburkan tanaman urban farming atau pertanian,” ucap Priyatna.

Ia berharap masyarakat dapat memahami dan memanfaatkan EcoEnzyme untuk mengurangi dan mengurai sampah di TPS.

Acara Larung EcoEnzyme ini merupakan bagian dari upaya bersama warga Kelurahan Gisikdrono untuk menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah.