SEMARANG (Pertamanews.id) – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu memimpin kegiatan groundbreaking peningkatan fasilitas publik Taman Brillian Park di Simpang Eka Karya Jalan Pandanaran Semarang, Jumat (17/5).

Taman Brillian Park tersebut merupakan bagian Corporate Sosial Responsibility (CSR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) senilai Rp 1,4 miliar.

“Pemerintah Kota Semarang menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada BRI yang telah memberikan CSR berupa taman. Ini tentunya akan memperindah Kota Semarang,” ujar Mbak Ita, sapaan akrabnya usai ground breaking Taman Brillian Park.

Pembangunan Taman Brilliant Park ini, lanjut Mbak Ita, menjadi bukti nyata sinergi dan komitmen Pemkot Semarang dan BRI dalam menciptakan Ruang Terbuka Hijau atau RTH bagi masyarakat.

“Dengan luas lahan kurang lebih 450 meter persegi, taman Brilliant Park mengusung konsep taman pasif. Tujuannya, untuk menambah RTH dan menciptakan Semarang yang lebih teduh dan asri,” ucapnya.

Dengan lokasi taman yang berada di tengah kota, Mbak Ita berharap taman Brilliant Park menjadi ikon baru RTH di Kota Semarang, dan dapat menginspirasi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan RTH di Ibu Kota Jawa Tengah.

“Saya mengajak semua untuk bersama-sama menjaga dan merawat Taman Brillian Park ini,” bebernya.

Senada, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang, Yudi Wibowo mengatakan, taman Briliant Park ini memiliki luas 450 meter persegi dan pembangunan akan didanai oleh BRI lewat program CSR.

“Sesuai pesan Bu Wali, untuk intens melakukan perawatan taman, kami juga akan berusaha komunikasi dengan dewan untuk menambah anggaran perawatan taman. Karena perawatan taman memang mahal,” ujar Yudi.

Selain Taman Brilliant Park, Pemkot Semarang berupaya untuk menjaring pihak swasta dan perusahaan untuk memberikan program CSR.

Sementara itu, Pemimpin Cabang BRI Semarang Pandanaran, Nurning Widayati mengatakan, pembangunan taman Brilliant Park ini salah satu bentuk support mendukung adanya ruang terbuka hijau di Kota Semarang.

“Tidak hanya agar enak dipandang, taman Brilliant Park juga bisa berfungsi sebagai pedestrian, bahkan ruang kreatif bagi masyarakat. Harapannya bisa mensupport taman-taman lain, seperti di Pattimura dan empat lokasi lain yang bisa kita wujudkan taman-taman baru bagi masyarakat kota Semarang,” kata dia.