SEMARANG (Pertamanews.id) – Dalam rangka menjawab kebutuhan dunia kerja yang semakin kompleks, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Ferry Wawan Cahyono, mengimbau tenaga kerja untuk mempersiapkan diri agar mampu bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Ferry menekankan pentingnya pengembangan keterampilan dan pengetahuan bagi para pekerja. “Di era globalisasi ini, persaingan di dunia kerja tidak hanya terjadi di tingkat lokal, tetapi juga internasional. Oleh karena itu, tenaga kerja harus memiliki kemampuan yang unggul dan adaptif terhadap perubahan,” ujar Ferry, di Semarang, Kamis (6/6).

Ferry juga menyoroti pentingnya pendidikan dan pelatihan sebagai kunci untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja.

“Pendidikan formal saja tidak cukup. Kita perlu mengembangkan program pelatihan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kerjasama antara pemerintah, dunia usaha, dan lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk mewujudkan hal ini,” tambahnya.

Selain itu, Ferry juga mengingatkan pentingnya penguasaan teknologi dan bahasa asing.

“Kemampuan teknologi dan komunikasi internasional merupakan keahlian yang harus dimiliki oleh setiap pekerja saat ini. Tanpa itu, sulit untuk bersaing di pasar kerja yang semakin global,” kata Ferry.

Dirinya mengakui, pihaknya tentu akan terus memperjuangkan kebijakan-kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas tenaga kerja di daerah ini.

Langkah-langkah konkret seperti pengembangan program pelatihan, kerja sama dengan industri, dan penyediaan akses pendidikan yang berkualitas akan menjadi prioritas dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi dunia kerja yang dinamis.

“Kita tentu berharap dengan adanya persiapan tenaga kerja yang terampil dan kompeten, itu akan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjawab kebutuhan dunia kerja yang terus berkembang,” tandasnya.