SEMARANG (Pertamanews.id) – Lembaga Pemeringkatan International, Quacquarelli Symonds (QS) pada Rabu 5 Juni 2024 merilis QS World University Ranking (QS WUR) 2025.

Dalam rilis pemeringkatan QS WUR 2025 itu, Universitas Diponegoro menempati posisi 721-730, meningkat 70 peringkat dari posisi tahun sebelumnya pada 791-800. Dengan posisi itu menempatkan UNDIP pada peringkat #43 Regional Asia Tenggara dan #8 se-Indonesia.

Pemeringkatan QS WUR menilai sembilan aspek yang harus dicapai dengan performa tinggi oleh Perguruan Tinggi meliputi Academic Reputation, Citations per Faculty, Employer Reputation, Employment Outcomes, Faculty Student Ratio, International Faculty, International Research Network, International Students), dan yang terakhir Sustainability.

Performa kesembilan aspek ini ditentukan oleh aktivitas akademik diiringi inovasi terus-menerus yang dijalankan oleh Perguruan Tinggi dalam mengembangkan institusi. Hasil pemeringkatan yang dicapai UNDIP tak lepas dari performa maksimal seluruh pihak baik pimpinan, staf, dosen, mahasiswa, maupun mitra kerja UNDIP.

Dari kesembilan aspek penilaian QS WUR, UNDIP mengalami peningkatan skor pada aspek Employer Reputation (naik 62 peringkat), Academic Reputation (naik 50 peringkat), dan International Faculty (naik 58 peringkat). Produktivitas riset juga mengalami peningkatan, dengan jumlah artikel 8.510 dan sitasi 33.063.

Sedangkan enam aspek lain masih perlu kinerja maksimal dari seluruh pihak untuk meningkatkan kualitasnya, meliputi aspek Faculty Student Ratio, Citations per Faculty, International Research Network, International Students, Employement Outcomes, dan Sustainability.

Usaha untuk meningkatkan skor keenam aspek tersebut akan selalu diupayakan oleh para dosen, staf dan mahasiswa agar kualitas riset meningkat, dan jaringan kolaborasi internasional UNDIP semakin kuat dan meluas, sehingga rekognisi UNDIP secara internasional juga semakin baik.

Hasil pemeringkatan ini dilaporkan langsung oleh Kepala Kantor Pemeringkatan, Prof. Dr. Ir. Hadiyanto, S.T., M.Sc., IPU, kepada Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si.

Rektor UNDIP menyambut gembira hasil pemeringkatan QS WUR 2025 raihan UNDIP yang menunjukkan posisi peringkat taraf dunia. Hasil pemeringkatan ini menjadi tolok ukur kinerja UNDIP sebagai Universitas Berkelas Dunia dengan visi sebagai An Excellent World-class Research University.