KENDAL (Pertamanews.id) – Pentingnya peran Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam penanganan masalah sosial di tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono saat menghadiri kegiatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jawa Tengah bertajuk Kegiatan Pemberdayaan Ormas dalam Rangka Penanganan Masalah Sosial Kemasyarakatan, di Kabupaten Kendal, Jumat (7/6).

Ferry menyampaikan bahwa kolaborasi antara pemerintah dan Ormas sangat penting untuk menciptakan solusi yang efektif dan berkelanjutan.

“Ormas memiliki kedekatan dengan masyarakat di akar rumput dan seringkali lebih cepat tanggap terhadap masalah-masalah sosial yang muncul. Mereka bisa menjadi mitra strategis bagi pemerintah dalam upaya penanganan sosial,” ujar Ferry.

Ferry juga menambahkan bahwa peran aktif Ormas dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Ia mengajak seluruh Ormas untuk terus bersinergi dengan pemerintah dan saling mendukung dalam setiap program yang dijalankan.

” Sudah banyak program nyata yang telah diwujudkan Pemerintah saat ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka dari itu oramas di harap dapat mengawal agar segala program pemerintah tersebut bisa tercapai dengan baik sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai,” ungkap Ferry.

Ferry menegaskan komitmennya untuk terus mendorong adanya regulasi yang mendukung peran Ormas dan memastikan adanya alokasi anggaran yang memadai untuk program-program sosial.

“Kita harus bekerja bersama-sama untuk menciptakan masyarakat yang lebih sejahtera dan berkeadilan sosial,” tutupnya.

Dengan adanya sinergi antara pemerintah dan Ormas, diharapkan berbagai masalah sosial di Jawa Tengah dapat ditangani dengan lebih baik dan efektif, sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang lebih harmonis dan sejahtera.