SEMARANG (Pertamanews.id) – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Atlit Tunarungu Indonesia (PATRIN) Provinsi Jawa Tengah masa bakti 2024-2029 resmi dilantik dengan Yitno Admadjie sebagai Ketua DPD PATRIN Jateng di Gedung DPRD Jateng, Selasa (11/6).

Ketua Umum PATRIN Pusat, Dimyati Hakim menjelaskan bahwa PATRIN adalah satu-satunya perkumpulan atlet Tunarungu di Indonesia yang diakui oleh International Committee of Sports for the Deaf (ICSD).

“Perlu kami informasikan, karena atlet difabel khususnya tunarungu agak unik, karena tidak semua cabor menginduk di KONI maupun NPCI, apalagi SOIna. Oleh karena itu, PATRIN secara struktur, merupakan satu-satunya perkumpulan atlet tunarungu yang oleh organisasi atlet tunarungu dunia, yaitu diterimanya sebagai member of ICSD,” ujar Dimyati Hakim.

Lebih lanjut, Dimyati Hakim menyampaikan harapan besar untuk organisasi yang baru terbentuk ini.

“DPD PATRIN Jawa Tengah merupakan provinsi yang pertama kali dibentuk. Besar harapan kami, PATRIN yang baru lahir ini untuk dapat saling dibantu, dibimbing, dan diarahkan, terutama oleh jajaran/instansi yang terkait dengan pembinaan prestasi olahraga difabel khususnya tunarungu, yakni Diknas, Disporapar, KONI, NPCI, dan lainnya,” ungkap Dimyati.

Ketua Mobilisasi Sumber Daya dan Dana KONI Jateng, Henri Pelupessy, mewakili Ketua KONI Jawa Tengah menjelaskan bahwa KONI Provinsi Jawa Tengah siap memberikan dukungan peningkatan sumber daya manusia dan mengikutsertakan dalam agenda pelatihan

“Sudah barang tentu KONI Provinsi Jawa Tengah senantiasa memberi dukungan penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh DPD PATRIN Jawa Tengah. Dukungan tersebut dimaksud antara lain meningkatkan sumber daya manusia dengan mengikutsertakan agenda-agenda pelatihan, pelatihan pelatih bagi cabang olahraga di Jawa Tengah,” ungkap Henri Pelupessy.

Dukungan lain datang dari Sekretaris Jenderal PP-SOIna, Kristijani Kirana, terkait pembentukan DPD PATRIN Jateng.

“Kita sama-sama bergandengan tangan, pemerintah jawa tengah sudah support, nanti di daerah-daerah kita bareng-bareng. Ajak kami SOIna, kami siap hadir. SOIna memberikan hatinya untuk PATRIN,” ucap Kristijani.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata yang mewakili Pj. Gubernur Jawa Tengah Suci Baskoro Wati, menyampaikan selamat dan pemerintah penuh kepada DPD PATRIN Jawa Tengah

“Pemerintah siap memberikan dukungan dan support, pemerintah hadir sebagai fasilitator, serta kami ucapkan selamat kepada DPD PATRIN Jawa Tengah” ungkap Suci