SEMARANG (Pertamanews.id) – Presiden Joko Widodo berencana melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijriyah yang akan jatuh pada Senin 17 Juni 2024 di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Jalan Gajah, Kota Semarang, Usai salat Id, Presiden akan melanjutkan kegiatan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jantan Limosin, berbobot 1,23 ton kepada panitia.

Sehubungan rencana kehadiran Presiden tersebut, Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah terus berbenah, menyiapkan diri untuk menyambut rencana kehadiran Jokowi.

Ketua PP MAJT, Prof Dr KH Noor Achmad MA dari Tanah Suci menegaskan, Kamis (13/6/2024), rencana kedatangan Presiden di MAJT disambut antusias oleh segenap jemaah dan masyarakat Jawa Tengah. Kedatangannya akan menjadi momen kebanggaan bagi umat Islam di Jawa Tengah.

“Kehadirannya beliau di MAJT sudah lama ditunggu masyarakat Jawa Tengah, khususnya jemaah MAJT dan Alhamdulillah akan terwujud saat salat Idul Adha nanti,” tegas Prof Noor Achmad kepada wartawan.

Menurutnya, kehadiran Jokowi di MAJT, akan semakin memperkuat posisi MAJT yang selama ini konsisten menggelorakan keIndonesiaan dan Islam damai dan toleran untuk semua umat manusia, hingga MAJT dikenal dunia sebagai pelopor gerakan moderasi beragama.

Secara otomatis, tambah Ketua Baznas RI ini, MAJT merespons dengan syukur atas rencana kedatangan Presiden RI dengan mempercantik dan memperindah pada semua lini, di area seluas 10 hektar. “PP MAJT berobsesi Presiden harus nyaman selama di MAJT, sekaligus akan berbaur dengan semua jemaah yang diperkirakan mencapai 30 ribu orang,” katanya.

Rencana Agenda di MAJT, usai salat Idul Adha dengan petugas khotib Rais Suriah PCNU Kota Semarang, KH Hanief Ismail, Lc, topik yang akan disampaikan “Idul Adha 1445 Hijriyah, Momentum Meneguhkan Kesetiakawanan Sosial” serta Imam Salat KH Ulil Abshor, Al-Hafidz, dengan reputasi juara Qori Internasional.

Usai salat Id, Presiden akan menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jantan kepada panitia kurban. Pemberian hewan kurban dari Presiden Jokowi tersebut, menurut Prof Noor Achmad, sebagai contoh kedermawanannya kepada umat.

Prof Noor Achmad mendoakan semoga Presiden Jokowi senantiasa sehat walafiat dan menjadi panutan bangsa Indonesia dan dunia.

Ketua Panitia Idul Adha MAJT H Isdiyanto Isman menambahkan, sapi kurban Presiden Jokowi di MAJT berjenisLimosin, dengan bobot 1,23 ton, berusia 4 tahun.

Menurut Isdiyanto, penjelasan dari Sutikno, peternak yang menjual sapi menjelaskan, pada Minggu pagi, 16 Juni 2024, sekitar pukul 08.00, sapi akan ditiba di MAJT, setelah menjalani 2 kali tes kesehatan .

Sutikno yang beralamat di desa Jagir, Kelurahan Jagir Walen, Kecamatan Giriwarto, Kabupaten Wonogiri, mengaku Presiden Jokowi memesan 3 ekor sapi kepadanya untuk dikirim ke MAJT, Solo dan Wonogiri.

Ditambahkan Isdiyanto, hingga Rabu, 12 Juni 2024, jumlah hewan kurban di MAJT tercatat sementara 14 sapi dan 11 kambing. Adapun ke-14 sapi, selain dari Presiden Jokowi, secara berurutan dari Rektor Udinus Prof Dr Ir Edi Noersasongko, Badan Amalan Islam (BAI) Bank Jateng Syariah, BPN provinsi Jateng, PT Unilever, Walikota Semarang, BAZNAS RI, Sekda Kota Semarang Dr Izwar Aminudin.

Berikutnya, Yayasan Nadzir Wakaf Banda Masjid Agung Semarang, Mantan Walikota Semarang Hendrar Prihadi, PT Sarana Patra Hulu Cepu ( SPHC ), Pusdataru Provinsi Jateng, PT Djarum Kudus, dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad lutfi.

Adapun mudhohi yang berkurban kambing di MAJT, tercatat Harsono, KH Ahmad Darodji, hamba Allah, Fera Pebrayenti dan 7 ekor kambing dari MAJT.