MADINA (Harianterkini.id) – Founding Director Josant And Friend’s Law Firm (Jafli), Dr (Hc). Joko Susanto, SPd, SH, MH, sambangi SMA Negeri 1 Sinunukan. Kedatangannya tersebut untuk berbagi pengalaman dalam acara “Sharing Season” di masjid lingkungan sekolah, yang diikuti 300 pelajar kelas 10 dan 11 pada Sabtu (15/6/2024).

Dalam acara itu, turut dihadiri Bendahara Umum Pimpinan Pusat Keluarga Alumni SMA Negeri 1 Sinunukan (Kasasin) Achmat Sugiarto, Kepala Desa Sinunukan III, Imam Afkiri, dan Babinsa TNI Sinunukan III, Rio, serta guru SMA Negeri 1 Sinunukan, Kusrin Muklasin.

Setelah bercerita pengalaman, dilanjut tanya jawab dan mengunjungi ruangan-ruangan kelas dan guru, serta lingkungan sekolah.

Dalam acara itu, Dr (Hc). Joko Susanto, mengaku senang dan terhormat karena sekolah yang pernah didudukinya sudah berkembang lebih baik, bahkan siswanya semakin banyak, guru-gurunya semakin inovatif dan alumninya semakin solid. Ia sendiri alumni angkatan 2004-2007, sehingga memiliki kesan tersendiri untuk sekolah.

“Pesan saya dimanapun kita berada, sesukses apapun kita kedepan, jangan pernah lupa lahir dan pernah sekolah dimana kita dilahirkan. Makanya saya secara pribadi kalau sekolah membutuhkan sharing dan berbagi ilmu, saya sangat terbuka. Apalagi masalah hukum, saya secara sukarela berbagi,”kata Dr (Hc). Joko Susanto, dihadapan para pelajar.

Pria yang akrab disapa Bung Joko, itu berharap kedepan para alumni dan pelajar bisa sukses secara ekonomi dan karir. Dengan begitu dapat bermanfaat untuk kampung halaman. Apalagi ia sendiri juga bukan lahir dari orangtua yang ekonominya mapan, namun penuh perjuangan untuk berdiri tegak di tanah perantauan. Ia juga bercerita saat ini aktif sebagai Pimpinan Redaksi Koran Lingkar, advokat, Direktur Utama PT Telik Sandi Berjaya, Direktur PKBH Badko LPQ Kota Semarang, Direktur DPN LBH RUPADI, serta mediator non hakim.

“Saya sekarang besar di Kota Semarang dan Kabupaten Kendal. Tapi saya tidak lupa lahir di tanah Sinunukan ini dan sekolah di sini (SMA N 1 Sinunukan,red), untuk itu adek-adek kedepan juga harus ingat dimana kita pernah lahir,”pesannya.

Kepala SMA Negeri 1 Sinunukan, Ihsan Nasution, melalui gurunya bidang kesiswaan, Kusrin Muklasin, mengaku senang dengan kehadiran para alumni ke sekolah. Dengan begitu bisa memberikan motivasi bagi juniornya. Apalagi sekolahnya ada sekolah berprestasi baik dan sudah mecetak lulusan berbagai bidang keahlian dan bidang profesi.

“Alumni kami ada yang sudah jadi Polisi, TNI, dokter, bidan, perawat, guru, pengusaha, anggota DPRD, jurnalis, advokat dan berbagai bidang lainnya dan sudah meyebar di berbagai wilayah di Indonesia. Jadi sekolah kami biar sekolah dikampung tapi tidak kampungan,” ungkapnya.