MADINA (Pertamanews.id) – Untuk kedua kalinya parhetalan “Reuni Akbar Lintas Angkatan” Keluarga Alumni SMA Negeri 1 Sinunukan (Kasasin) diadakan secara meriah. Acara tahun ini dipusatkan di Kaffe Sedulur, Desa Sinunukan III, Kabupaten Mandailing Natal, dihadiri beragam alumni dengan beragam profesi pekerjaan. Beberapa waktu sebelumnya juga telah diadakan acara perpisahan untuk pelajar kelas 12. Adapun acara reuni akbar diadakan pada Rabu (18/6/2024).

Acara bertemakan “Kumpul Balung Pisah Kuatkan Paseduluran” dihadiri secara langsung oleh Pembina Pusat Kasasin, Dr (Hc). Joko Susanto, SPd, SH, MH, Ketua Umum Pimpinan Pusat Kasasin, Gunawan Rasyid, Sekjend Pusat Kasasin, Kusrin Muhlasin, Bendahara Umum Pusat Kasasin, Achmad Sugiarto, Owner Kaffe Sedulur, Sugeng, Babinsa TNI Sinunukan IV, Serda Heru Yusrizal, Bidan Desa Sinunukan IV, Sri Rahayu, Ninik Nurhayati, guru SD, Dwi Nurhayati, Wirausawan, Elida Nasution dan Dewi Rahayu.

Sebelum acara reuni berlangsung, lebih dahulu diadakan sharing season bersama para pelajar kelas 10 dan 11 SMA Negeri 1 Sinunukan di pusatkan di mushola sekolah dan bernostalgia dengan lingkungan sekolah.

Ketua Panitia Reuni Akbar Kasasin, Dwi Nurhayati, mengatakan acara ini diadakan untuk mengumpulkan para alumni dari berbagai daerah dan beragam profesi lintas angkatan. Acara ini diakuinya terbesar kedua setelah sebelumnya 2012 pernah diadakan di era kepemimpinan Kasasin dijabat Sugeng dan saat ini dijabat Gunawan Rasyid. Pihaknya berharap melalui acara reuni bisa kembali bernostalgia dan berbagi cerita layaknya saat masih menjadi pelajar. Apalagi saat ini banyak para alumni yang tersebar diberbagai darah diluar Sumatera Utara.

“Alumni kita sekarang ada di Jakarta, Semarang, Jogja, Padang, Palembang, Kalimantan, dan banyak lagi wilayah lain. Harapan kami melalui pertemuan ini bisa saling bernostalgia untuk berbagi cerita sekaligus rapat bersama sehingga kedepan acara reuni bisa jauh lebih meriah,”kata Dwi Nurhayati, disela-sela acara reuni.

Hadir dalam acara tersebut secara khusus berbagi cerita pengalaman adalah Dr (Hc). Joko Susanto, yang saat ini berprofesi sebagai advokat dan jurnalis. Dikatakannya, pertemuan alumni harus diadakan secara rutin setahun sekali, bukan hanya reuni kunjungan sekolah juga perlu diadakan. Dengan begitu hubungan alumni, sekolah dan para pelajar bisa saling bersinergi positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Teman teman tahu sendiri sekolah kita dahulu sangat kecil, saat ini berkembang besar bahkan alumninya sudah tersebar dari berbagai daerah. Ayo saatnya kita bermanfaat untuk masyarakat, jangan jadi pemalas tapi jadilah penggerak positif supaya bermanfaat untuk warga masyarakat,”ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Bung Joko, ini berpesan agar para alumni yang sudah memiliki pekerjaan baik, apalagi memiliki profesi sebagai polisi, TNI, anggota DPRD, Kepala Desa, untuk rutin sosialisasi ke masyarakat. Karen ia mendengar sudah banyak berita maraknya narkotika, dilingkungan pelajar dan masyarakat. Untuk itu tindakan pencegahan perlu ditingkatkan. Dengan begitu fungsi alumni bisa dirasakan warga masyarakat.

“Saya berharap besar alumni jangan pernah jadi sombong, apalagi lupa jati diri kita sebagai alumni dan putra putri kelahiran Sinunukan. Maka sudah saatnya alumni hadir untuk kemakmuran masyarakat,”sebutnya.