JAKARTA (Pertamanews.id) – PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengumumkan untuk pemesanan tiket pada masa Angkutan Lebaran 1446 H/ Tahun 2025 dapat dilakukan H-45 sebelum jadwal keberangkatan KAnya, yaitu mulai 4 Februari lalu.
Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan bahwasannya hari ini, Selasa (18/2) pemesanan tiket lebaran dapat dilakukan untuk keberangkatan H-10 s.d H+3 atau keberangkatan KA tanggal 21 Maret s.d 4 April 2025.
“Tiket Lebaran sudah dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI dan kanal resmi lainnya sejak 4 Februari 2025 lalu. Untuk pemesanan hari ini pelanggan sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan tanggal 21 Maret hingga 4 April 2025 atau H-10 s.d H+3 Lebaran,” kata Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Selasa 18 Februari 2025 dari Jakarta.
“Penjualan tiket lebaran akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yaiti H-45 hari” imbuh nya.
Ixfan menegaskan agar pelanggan KAI memastikan agar membeli tiket kereta api hanya dari channel-channel resmi dan mitra resmi KAI, untuk menghindari penipuan dan memastikan keabsahan tiket.
A. Chanel Resmi Kereta Api :
- Situs Resmi PT KAI: https://www.kai.id
- Aplikasi Access by KAI: dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store;
- Loket Stasiun: hanya untuk pembelian langsung maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA ( go show) selama tiket masih tersedia;
- KIOSK: kiosk tiket yang tersedia di stasiun-stasiun kereta api.
B. Mitra Resmi
- Traveloka
- Tiket.com
- AlfaMart
- IndoMart, dan mitra resmi lainnya.
“Pastikan untuk hanya membeli tiket dari channel-channel resmi di atas untuk menghindari penipuan dan memastikan keabsahan tiket,” kata Ixfan menegaskan.
Update Pemesanan Tiket Lebaran
Untuk keberangkatan pada masa Angkutan Lebaran 2025 (1446 Hijriyah) periode H-10 hingga H+3 (21 Maret – 4 April 2025), sebanyak 320.000 tiket KAJJ telah dipesan untuk berbagai tujuan. Berdasarkan data sementara, tanggal keberangkatan dengan jumlah pemesanan tertinggi adalah 29 Maret 2025 (H-2), dengan total 36.339 penumpang.
Jadwal Pemesanan dan Keberangkatan:
18 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–4 April 2025 (H-10 s.d. H+3)
19 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–5 April 2025 (H-10 s.d. H+4)
20 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–6 April 2025 (H-10 s.d. H+5)
21 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–7 April 2025 (H-10 s.d. H+6)
22 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–8 April 2025 (H-10 s.d. H+7)
23 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–9 April 2025 (H-10 s.d. H+8)
24 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–10 April 2025 (H-10 s.d. H+9)
25 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–11 April 2025 (H-10 s.d. H+10)
Ixfan mengingatkan kembali agar pelanggan membeli tiket hanya melalui kanal resmi KAI untuk menghindari modus penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
“Loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara langsung (go-show) mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan,” tambahnya.
Berikut adalah data pemesaan tiket harian Daop 1 Jakarta (21 Maret s.d 4 April’25)
- KEBERANGKATAN KA DARI STASIUN GAMBIR:
• 21 Maret 2025 = 1.483 (10%);
• 22 Maret 2025 = 2.019 (13%);
• 23 Maret 2025 = 1.423 (9%);
• 24 Maret 2025 = 2.496 (17%);
• 25 Maret 2025 = 5.900 (39%);
• 26 Maret 2025 = 12.172 (80%);
• 27 Maret 2025 = 13.387 (89%);
• 28 Maret 2025 = 14.455 (96%);
• 29 Maret 2025 = 14.372 (95%);
• 30 Maret 2025 = 11.779 (78%);
• 31 Maret 2025 = 5.510 (36%);
• 01 April 2025 = 4.547 (30%);
• 02 April 2025 = 1.833 (12%);
• 03 April 2025 = 831 (5%);
• 04 April 2025 = 233 (2%);
Total = 92.440 (41%)
Rata2 perhari = 6.163 (41%)
- KEBERANGKATAN KA DARI STASIUN PASAR SENEN:
• 21 Maret 2025 = 10.760 (49%);
• 22 Maret 2025 = 15.645 (72%);
• 23 Maret 2025 = 17.748 (81%);
• 24 Maret 2025 = 21.123 (97%);
• 25 Maret 2025 = 18.299 (84%);
• 26 Maret 2025 = 10.152 (46%);
• 27 Maret 2025 = 9.449 (43%);
• 28 Maret 2025 = 12.226 (56%);
• 29 Maret 2025 = 21.256 (97%);
• 30 Maret 2025 = 22.292 (102%);
• 31 Maret 2025 = 20.916 (96%);
• 01 April 2025 = 19.365 (89%);
• 02 April 2025 = 13.101 (60%);
• 03 April 2025 = 6.730 (31%);
• 04 April 2025 = 3.784 (17%);
Total = 222.846 (68%)
Rata2 perhari = 14.854 (68%)
Dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, pelanggan diimbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan guna menghindari keterlambatan.
“Informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi. Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk lokomotif dan rangkaian kereta. Pemeriksaan ini mencakup aspek teknis dan operasional guna memastikan seluruh sarana dalam kondisi prima sebelum melayani pelanggan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran,” jelas Ixfan.
“KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan layanan yang semakin baik serta berbagai inovasi, kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat pada momen Lebaran nanti,” tutup Ixfan.