spot_img
Beranda blog

KPK Resmi Tahan Wali Kota Semarang dan Suami, Diduga Terima Fee Proyek Pendidikan

0

JAKARTA (Pertamanews.id) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu alias Mbak Ita, bersama suaminya, Alwin Basri, yang menjabat sebagai Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Penahanan ini dilakukan setelah keduanya diperiksa sebagai tersangka dalam dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Wakil Ketua KPK, Ibnu Basuki Widodo, dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (19/2), menyampaikan bahwa kedua tersangka akan menjalani penahanan selama 20 hari pertama di Rumah Tahanan (Rutan) KPK, Jakarta.

“Terhadap Sdri. HGR dan Sdr. AB dilakukan penahanan di Rutan Kelas 1 Jakarta Timur, Cabang Rutan KPK, selama 20 hari terhitung mulai 19 Februari 2025 hingga 10 Maret 2025,” ujar Ibnu.

KPK mengungkapkan bahwa sejak menjabat sebagai Wali Kota Semarang pada 2023-2024, Mbak Ita bersama Alwin Basri diduga menerima sejumlah uang sebagai fee atas proyek pengadaan meja dan kursi fabrikasi untuk sekolah dasar (SD) di Dinas Pendidikan Kota Semarang pada tahun anggaran 2023.

Selain itu, mereka juga diduga terlibat dalam pengaturan proyek penunjukan langsung di tingkat kecamatan serta permintaan dana kepada Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang.

“Alwin Basri, sebagai suami sekaligus representasi dari Wali Kota Semarang, memiliki peran signifikan. Setiap instruksi yang ia berikan dianggap sebagai perintah langsung dari Wali Kota,” tambah Ibnu.

Selain menjerat Mbak Ita dan Alwin Basri, KPK juga telah lebih dahulu menahan dua pihak swasta yang diduga terlibat dalam kasus ini, yaitu:

  • Martono, Direktur PT Chimarder777 dan PT Rama Sukses Mandiri sekaligus Ketua Gapensi Semarang.
  • P. Rachmat Utama Djangkar, Direktur Utama PT Deka Sari Perkasa.

Atas perbuatannya, Mbak Ita dan Alwin Basri disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a, Pasal 12 huruf b, Pasal 12 huruf f, serta Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Mereka juga dijerat dengan Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Dengan penahanan ini, KPK menegaskan komitmennya dalam memberantas korupsi di berbagai lini pemerintahan serta mencegah praktik korupsi yang merugikan masyarakat.

KAI Daop 1 Jakarta Imbau Pelanggan Pesan Tiket via Access by KAI

0

JAKARTA (Pertamanews.id) – PT KAI Daop 1 Jakarta telah mengumumkan untuk pemesanan tiket pada masa Angkutan Lebaran 1446 H/ Tahun 2025 dapat dilakukan H-45 sebelum jadwal keberangkatan KAnya, yaitu mulai 4 Februari lalu.

Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan bahwasannya hari ini, Selasa (18/2) pemesanan tiket lebaran dapat dilakukan untuk keberangkatan H-10 s.d H+3 atau keberangkatan KA tanggal 21 Maret s.d 4 April 2025.

“Tiket Lebaran sudah dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI dan kanal resmi lainnya sejak 4 Februari 2025 lalu. Untuk pemesanan hari ini pelanggan sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan tanggal 21 Maret hingga 4 April 2025 atau H-10 s.d H+3 Lebaran,” kata Ixfan Hendriwintoko Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Selasa 18 Februari 2025 dari Jakarta.

“Penjualan tiket lebaran akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yaiti H-45 hari” imbuh nya.

Ixfan menegaskan agar pelanggan KAI memastikan agar membeli tiket kereta api hanya dari channel-channel resmi dan mitra resmi KAI, untuk menghindari penipuan dan memastikan keabsahan tiket.

A. Chanel Resmi Kereta Api :

  1. Situs Resmi PT KAI: https://www.kai.id
  2. Aplikasi Access by KAI: dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store;
  3. Loket Stasiun: hanya untuk pembelian langsung maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA ( go show) selama tiket masih tersedia;
  4. KIOSK: kiosk tiket yang tersedia di stasiun-stasiun kereta api.

B. Mitra Resmi

  1. Traveloka
  2. Tiket.com
  3. AlfaMart
  4. IndoMart, dan mitra resmi lainnya.

“Pastikan untuk hanya membeli tiket dari channel-channel resmi di atas untuk menghindari penipuan dan memastikan keabsahan tiket,” kata Ixfan menegaskan.

Update Pemesanan Tiket Lebaran
Untuk keberangkatan pada masa Angkutan Lebaran 2025 (1446 Hijriyah) periode H-10 hingga H+3 (21 Maret – 4 April 2025), sebanyak 320.000 tiket KAJJ telah dipesan untuk berbagai tujuan. Berdasarkan data sementara, tanggal keberangkatan dengan jumlah pemesanan tertinggi adalah 29 Maret 2025 (H-2), dengan total 36.339 penumpang.

Jadwal Pemesanan dan Keberangkatan:

18 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–4 April 2025 (H-10 s.d. H+3)

19 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–5 April 2025 (H-10 s.d. H+4)

20 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–6 April 2025 (H-10 s.d. H+5)

21 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–7 April 2025 (H-10 s.d. H+6)

22 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–8 April 2025 (H-10 s.d. H+7)

23 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–9 April 2025 (H-10 s.d. H+8)

24 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–10 April 2025 (H-10 s.d. H+9)

25 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–11 April 2025 (H-10 s.d. H+10)

Ixfan mengingatkan kembali agar pelanggan membeli tiket hanya melalui kanal resmi KAI untuk menghindari modus penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara langsung (go-show) mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan,” tambahnya.

Berikut adalah data pemesaan tiket harian Daop 1 Jakarta (21 Maret s.d 4 April’25)

  1. KEBERANGKATAN KA DARI STASIUN GAMBIR:

• 21 Maret 2025 = 1.483 (10%);
• 22 Maret 2025 = 2.019 (13%);
• 23 Maret 2025 = 1.423 (9%);
• 24 Maret 2025 = 2.496 (17%);
• 25 Maret 2025 = 5.900 (39%);
• 26 Maret 2025 = 12.172 (80%);
• 27 Maret 2025 = 13.387 (89%);
• 28 Maret 2025 = 14.455 (96%);
• 29 Maret 2025 = 14.372 (95%);
• 30 Maret 2025 = 11.779 (78%);
• 31 Maret 2025 = 5.510 (36%);
• 01 April 2025 = 4.547 (30%);
• 02 April 2025 = 1.833 (12%);
• 03 April 2025 = 831 (5%);
• 04 April 2025 = 233 (2%);

Total = 92.440 (41%)
Rata2 perhari = 6.163 (41%)

  1. KEBERANGKATAN KA DARI STASIUN PASAR SENEN:

• 21 Maret 2025 = 10.760 (49%);
• 22 Maret 2025 = 15.645 (72%);
• 23 Maret 2025 = 17.748 (81%);
• 24 Maret 2025 = 21.123 (97%);
• 25 Maret 2025 = 18.299 (84%);
• 26 Maret 2025 = 10.152 (46%);
• 27 Maret 2025 = 9.449 (43%);
• 28 Maret 2025 = 12.226 (56%);
• 29 Maret 2025 = 21.256 (97%);
• 30 Maret 2025 = 22.292 (102%);
• 31 Maret 2025 = 20.916 (96%);
• 01 April 2025 = 19.365 (89%);
• 02 April 2025 = 13.101 (60%);
• 03 April 2025 = 6.730 (31%);
• 04 April 2025 = 3.784 (17%);

Total = 222.846 (68%)
Rata2 perhari = 14.854 (68%)

Dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, pelanggan diimbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan guna menghindari keterlambatan.

“Informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi. Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk lokomotif dan rangkaian kereta. Pemeriksaan ini mencakup aspek teknis dan operasional guna memastikan seluruh sarana dalam kondisi prima sebelum melayani pelanggan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran,” jelas Ixfan.

“KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan layanan yang semakin baik serta berbagai inovasi, kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat pada momen Lebaran nanti,” tutup Ixfan.

RSI Sultan Agung Semarang dan PREDIGTI Luncurkan E-Learning, Revolusi Pendidikan Tenaga Kesehatan!

0

SEMARANG (Pertamanews.id) – Dalam upaya meningkatkan kompetensi tenaga kesehatan, RSI Sultan Agung Semarang resmi menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Kedokteran Digital Terintegrasi Indonesia (Predigti) untuk mengembangkan platform pembelajaran daring (E-Learning).

Langkah inovatif ini diharapkan dapat memberikan akses pembelajaran yang fleksibel dan efektif bagi tenaga medis di era digital.

Sebelum kesepakatan ini ditandatangani, kedua belah pihak telah melalui serangkaian diskusi intensif guna merancang konsep kurikulum yang tepat.

Fokus utama pembahasan meliputi metode penyampaian materi, teknologi yang digunakan, serta sistem evaluasi yang akan diterapkan.

Selain itu, RSISA Semarang juga melakukan kajian internal terkait kesiapan tenaga medis dan infrastruktur dalam mengadopsi sistem pembelajaran berbasis digital ini.

Pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung pada Jumat (14/2/2025) di Aula Utama RSI Sultan Agung Semarang, Direktur Utama RSISA Semarang, dr. Agus Ujianto, M.Si., Med., Sp.B, menegaskan bahwa peningkatan kompetensi tenaga kesehatan menjadi prioritas utama rumah sakit.

Ia menilai, perkembangan teknologi digital harus dimanfaatkan untuk memperbarui ilmu dan keterampilan tenaga medis agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

“Kami di RSI Sultan Agung selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas tenaga kesehatan. Dengan adanya platform E-Learning ini, tenaga medis dapat terus belajar dan mengasah keterampilannya kapan saja tanpa terbatas oleh ruang dan waktu,” ujar dr. Agus Ujianto.

Sementara itu, perwakilan dari Predigti, dr. Putro S. Muhammad dan Subhan selaku Tim DTO Predigti, menyoroti pentingnya integrasi teknologi digital dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan.

Mereka menegaskan bahwa kerja sama ini menjadi langkah konkret dalam mewujudkan sistem pembelajaran yang modern, efektif, dan mudah diakses oleh tenaga medis.

“Kolaborasi ini akan memberikan solusi bagi tenaga kesehatan agar tetap bisa belajar dan meningkatkan kompetensinya tanpa harus meninggalkan layanan pasien. Ini adalah bagian dari upaya digitalisasi pendidikan medis di Indonesia,” jelas dr. Putro S. Muhammad.

Dalam acara tersebut, kedua belah pihak juga memaparkan rancangan kurikulum dan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam platform E-Learning ini.

Program tersebut mencakup berbagai modul pembelajaran, mulai dari pengembangan kompetensi klinis, manajemen rumah sakit, hingga pemutakhiran informasi medis terkini.

Para peserta yang terdaftar nantinya akan mendapatkan akses ke forum diskusi, materi interaktif, serta sertifikat elektronik setelah menyelesaikan modul tertentu.

Kerja sama ini dirancang untuk berjalan dalam jangka panjang dengan pengembangan kurikulum baru secara berkala, pelatihan instruktur, serta monitoring dan evaluasi rutin guna memastikan efektivitas dan kualitas pembelajaran.

Dengan adanya program ini, diharapkan tenaga kesehatan dapat terus meningkatkan profesionalisme dan keahlian mereka, sehingga kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat semakin optimal.

“Kami berharap dengan kemudahan akses E-Learning ini, tenaga kesehatan dapat terus meningkatkan wawasan dan keterampilannya secara berkelanjutan. Dengan demikian, pelayanan medis kepada masyarakat akan semakin berkualitas dan responsif terhadap perkembangan ilmu kedokteran,” pungkas dr. Agus Ujianto.

Dengan inovasi ini, RSI Sultan Agung Semarang dan Predigti menunjukkan komitmen mereka dalam menghadirkan sistem pembelajaran yang lebih canggih dan adaptif di dunia medis, sekaligus menjawab tantangan digitalisasi di sektor kesehatan.

Kasus Korupsi Plasa Klaten, Kejati Jateng Terima Uang Rp 4,5 Miliar Sebagai Tindak Lanjut Penyidikan

0

SEMARANG (Pertamanews.id) – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah (Jateng) menerima titipan uang dugaan tindak pidana korupsi terkait pengelolaan sewa Plasa Klaten, di Kantor Kejati Jateng, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/2).

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng Dr
LuKas Alexander Sinuraya, SH MH mengatakan, titipan tersebut dari PT Matahari Makmur Sejahtera (MMS).

“Pihak PT Matahari Makmur Sejahtera telah menitipkan uang senilai sebesar Rp 4,5 miliar,” ujarnya dalam pers rilis di kantor Kejati Jateng.

Uang tersebut selanjutnya akan disita oleh Penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan digunakan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi sehubungan dengan dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan sewa Plasa Klaten tahun 2019- 2023 sesuai dengan Surat Perintah Penyidikan Nomor Print-01/ M.3/ Fd.2/ 01/ 2025 tanggal 7 Januari 2025.

“Uang yang dikembalikan uang hasil penyewaan tanpa dasar perikatan yang jelas. Dengan pengembalian ini, nanti kita lihat kasus posisinya. Tapi yang jelas uang negara ini kita selamatkan dulu,” ungkapnya.

Lukas mengatakan, kasus tersebut perkara bermula pada tahun 1989 dimana Pemerintah Kabupaten Klaten memiliki asset tanah sesuai sertifikat Hak Pengelolaan No.1 GS:5265/1992 seluas 22.348 meter persegi.

Aset tersebut jugadan terdaftar sebagai Barang Milik Daerah Kabupaten Klaten. Selang waktu, aset tersebut didirikan bangunan Plaza Klaten oleh PT. Inti Griya Prima Sakti (PT. IGPS). Pembangunan tersebut berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Klaten dengan PT. IGPS.

Masa perjanjian itu selama 25 tahun yang telah berakhir pada tanggal 22 April 2018. Setelah berakhir, kemudian seluruh tanah dan bangunan Plaza diserahkan kepada Pemkab Klaten.

Selanjutnya dalam kurun waktu tahun 2019-2022 pengelolaan Plasa Klaten dikelola Pemda Klaten, namun pelaksanaannya menyimpang.

“Seharusnya dilakukan dengan perjanjian sewa yang diikat dengan perjanjian kerjasama dan pemilihan rekanan dilakukan melalui lelang terbuka, namun oleh Kepala Dinas DKUKMP Kabupaten Klaten hanya menunjuk secara lisan Fery Sanjaya dari PT MMS,” katanya.

Tak sampai disitu, oleh SR disewakan lagi kepada pihak ketiga yakni PT Matahari Departement Store, PT Pesona Klaten Persada(PKP) dan PT MPP, sehingga merugikan negara cabang Pemda Klaten sebesar kurang lebih Rp 9,1 miliar.

“Rinciannya PT PKP sebesar Rp 4,7 miliar sedangkan untuk PT MMS sebesar Rp. 4,5 miliar,” tandasnya.

Sedangkan izin dalam pengelolaan tersebut dilakukan oleh BS yang merupakan Kepala Dinas DKUKMP saat itu.

Namun, yang bersangkutan sudah meninggal. Sehingga pendalamannya cukup sulit.

“Kita memang agak sulit mendalaminya karena sudah meninggal, jadi masih dalam pendalaman,” jelas Lukas.

Saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Ia menyebutkan, dalam kasus ini belum ada penetapan tersangka.

“Belum ada tersangka, masih proses penyidikan,” kata dia.

KAI Daop 4 Semarang Gandeng Pesantren, Santri Kini Bisa Nikmati Diskon Tiket

0

SEMARANG (Pertamanews.id) – Dalam upaya mendukung mobilitas pengurus dan anak didik pesantren di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menjalin kerja sama dengan pondok pesantren di wilayah kerja Daop 4 Semarang.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Kepala Daop 4 Semarang KAI, Daniel Johannes Hutabarat, dengan perwakilan pondok pesantren pada Selasa, 18 Februari 2025, yang bertempat di Kampus pondok pesantren askhabul Kahfi.

Pondok pesantren yang tergabung dalam kerja sama ini adalah Yayasan Nurul Ittifaq Pondok Pesantren Askhabul Kahfi Semarang.

Perjanjian ini berlaku selama dua tahun dan memberikan akses diskon 10 persen bagi santri serta pengurus pondok pesantren untuk tiket kereta api jarak jauh dan menengah.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses transportasi bagi pengurus pondok serta santri yang kerap melakukan perjalanan guna melanjutkan pendidikan atau keperluan lainnya.

“Melalui program ini, KAI ingin turut berperan dalam mendukung pendidikan dengan menghadirkan transportasi yang lebih terjangkau bagi santri dan pengurus pondok pesantren. Diskon ini berlaku untuk semua kelas perjalanan, termasuk eksekutif, bisnis, dan ekonomi, dengan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI,” ujarnya.

Namun, diskon ini tidak berlaku untuk perjalanan menggunakan kereta perkotaan/komuter, tarif promosi, tarif khusus, serta layanan premium seperti luxury, priority, dan panoramic.

Kebijakan ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam memperhatikan kebutuhan masyarakat, khususnya pondok pesantren, sebagai salah satu pilar pendidikan di Indonesia.

Franoto menambahkan bahwa program ini juga membuka peluang bagi pondok pesantren lainnya yang ingin menjalin kerja sama serupa. “Kami juga membuka kesempatan bagi pesantren lain untuk bergabung dalam program ini.

Syaratnya, pondok pesantren memiliki jumlah santri yang signifikan dan banyak di antara mereka yang sering menggunakan transportasi kereta api,” jelasnya.

Kerja sama ini tidak hanya memberikan manfaat ekonomi bagi santri dan pengurus pesantren, tetapi juga mencerminkan upaya KAI dalam meningkatkan aksesibilitas transportasi bagi sektor pendidikan.
Dengan adanya program ini, diharapkan semakin banyak santri yang dapat menikmati layanan kereta api yang murah, aman, dan nyaman dalam mendukung perjalanan pendidikan mereka.

“Ke depan, KAI berharap program ini bisa menjadi inspirasi bagi kerja sama serupa di wilayah lain di Indonesia, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat transportasi yang lebih terjangkau dan efisien,” tutup Franoto.

Layanan Makin Praktis! PGN Hadirkan Kemudahan Bayar Tagihan Gas Lewat Berbagai Platform

0

JAKARTA (Pertamanews.id) – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus meningkatkan layanan bagi pelanggan rumah tangga dan usaha kecil dengan mempermudah proses pembayaran tagihan gas bumi.

Kini, pelanggan dapat membayar tagihan dengan lebih fleksibel melalui berbagai kanal, baik digital maupun ritel.

PGN menyediakan beragam opsi loket pembayaran guna memastikan kenyamanan pelanggan, antara lain melalui minimarket seperti Alfamart, Indomaret, dan Alfamidi di seluruh Indonesia.

Selain itu, dapat juga melalui aplikasi digital MyPertamina, Pegadaian, layanan perbankan melalui bank transfer, e-commerce Shopee dan Tokopedia, serta dompet digital seperti Gopay, Dana dan LinkAja.

“Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengalaman pelanggan, kami menghadirkan lebih banyak opsi pembayaran yang mudah dijangkau. Dengan demikian, pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhannya,” ujar Sekretaris Perusahaan PGN, Fajriyah Usman (18/2/2025).

Tagihan gas bumi PGN dihitung berdasarkan jumlah pemakaian yang tercatat pada meter gas pelanggan.
Setiap bulan, tagihan akan muncul pada tanggal 6 dan dapat dibayarkan hingga tanggal 20 melalui kanal pembayaran yang tersedia.

Untuk membantu pelanggan dalam mengelola konsumsi gas, PGN menyediakan aplikasi PGN Mobile, yang memungkinkan pemantauan pemakaian gas secara real-time.

“Kami terus berupaya meningkatkan kenyamanan pelanggan, salah satunya dengan menghadirkan PGN Mobile. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk memantau konsumsi gas secara langsung, sehingga mereka bisa lebih mudah mengelola anggaran bulanannya,” tambah Fajriyah.

Bagi masyarakat yang ingin menikmati manfaat gas bumi PGN, pendaftaran pelanggan baru dapat dilakukan secara online melalui www.pgas.id.

Seluruh tahapan proses berlangganan pemasangan dapat dipantau langsung melalui aplikasi PGN Mobile.

Saat ini, PGN telah melayani lebih dari 800.000 rumah tangga di seluruh Indonesia dan terus memperluas jaringan gas bumi ke berbagai wilayah.

Sebagai bagian dari Subholding Gas Pertamina, PGN berkomitmen untuk memperkuat ketahanan energi nasional dengan menyediakan akses energi yang andal, efisien, dan ramah lingkungan bagi masyarakat.

PI Niaga Pasok Bahan Pendukung ke Produsen Pupuk

0

JAKARTA (Pertamanews.id) – Pupuk Indonesia Niaga (PI Niaga), anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero), semakin memperkuat bisnis clay atau tanah liat sebagai salah satu strategi untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Clay merupakan bahan baku penting dalam pembuatan pupuk NPK, dan PI Niaga berperan dalam pengadaan dan penyediaan clay bagi produsen pupuk anggota holding PT Pupuk Indonesia (Persero).

Langkah PI Niaga untuk memperkuat bisnis clay ini merupakan bagian dari strategi diversifikasi bisnis perusahaan di luar bisnis inti perdagangan pupuk.

Selain itu, bisnis clay ini juga menjadi bentuk sinergi antar anggota PI Grup dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Dengan menyediakan clay sebagai bahan baku pupuk NPK, PI Niaga turut berkontribusi dalam memastikan ketersediaan pupuk bagi petani.

Pada tahun 2024, PI Niaga mencatat 14.250 ton clay telah dikirim ke Pusri Palembang, Petrokimia Gresik dan Pupuk Kaltim.

Kebutuhan clay sebagai bahan baku pupuk NPK terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan pupuk untuk mendukung sektor pertanian.

Hal ini membuka peluang pasar yang besar bagi PI Niaga untuk mengembangkan bisnis clay.

PI Niaga mendapatkan bahan baku clay dari perusahaan domestik di wilayah Sumatera Selatan dan Jawa Timur, serta memasarkan dan mendistribusikan clay kepada produsen pupuk, terutama yang berada di dalam grup Pupuk Indonesia.

Bisnis clay memberikan beberapa manfaat bagi PI Niaga, antara lain memberikan kontribusi pendapatan bagi perusahaan, sehingga memperkuat kinerja PI Niaga.

Selain itu Bisnis clay meningkatkan sinergi antar anggota PI Grup, sehingga menciptakan nilai tambah bagi anggota seluruh grup.

Melalui bisnis clay, PI Niaga turut berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan nasional dengan memastikan ketersediaan bahan baku pupuk NPK.

Direktur Utama PI Niaga, Trudo HD, menyatakan bahwa penguatan bisnis clay ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus mendukung sektor pertanian dan ketahanan pangan di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa ketersediaan pupuk merupakan faktor penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya untuk memastikan ketersediaan bahan baku pupuk, termasuk clay, sehingga petani dapat memperoleh pupuk yang dibutuhkan,” ujarnya.

Pupuk Indonesia Niaga optimistis bisnis clay berkelanjutan. Trudo mengungkapkan bahwa bisnis clay PI Niaga menunjukkan pertumbuhan yang positif sejak tahun 2024.

“Kami telah berhasil memasok clay ke beberapa produsen pupuk yang berada di dalam grup Pupuk Indonesia. Kami yakin bisnis ini akan terus berkembang,” ujarnya.

Pada Januari lalu, PI Niaga telah mengirim 1.416 ton clay ke produsen pupuk PI Group.

Untuk menjaga keberlanjutan bisnis clay, PI Niaga telah menyiapkan beberapa strategi bisnis, antara lain akan terus mengembangkan volume trading untuk meningkatkan supply agar dapat memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat dan sesuai dengan kebutuhan pasar serta berupaya memperluas pangsa pasar clay ke wilayah-wilayah lain di Indonesia.

KAI Daop 4 Semarang Pastikan Layanan Aman Meski Anggaran Ditekan

0

SEMARANG (Pertamanews.id) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang menegaskan bahwa efisiensi anggaran yang diterapkan tidak berdampak pada aspek keselamatan operasional perjalanan kereta api.

Keselamatan tetap menjadi prioritas utama, khususnya di wilayah operasional Daop 4 Semarang.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo, memastikan bahwa seluruh perlintasan sebidang yang selama ini dijaga oleh petugas, baik yang dikelola oleh KAI maupun Dinas Perhubungan (Dishub), tetap beroperasi secara normal.

“Seluruh perlintasan sebidang tetap diawaki oleh petugas sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Jumlah petugas, alat pengamanan, serta sistem perawatan peralatan tetap terjaga dengan baik dan dilakukan secara terjadwal,” ujar Franoto.

Sebagai bagian dari upaya menjaga keselamatan, KAI juga terus berkolaborasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam melakukan sertifikasi bagi petugas perlintasan sebidang. Selain itu, pelatihan penyegaran (refreshing) serta pendidikan dan pelatihan (Diklat) secara rutin diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi petugas agar selalu siap dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api.

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 94 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan di Perlintasan Sebidang, setiap perlintasan wajib dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan yang memadai serta dijaga oleh petugas tersertifikasi, yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah sesuai dengan kelas jalannya. Aturan ini menjadi acuan utama dalam memastikan bahwa keselamatan di perlintasan sebidang tetap terjaga sesuai standar yang berlaku.

KAI Daop 4 Semarang juga mengapresiasi peran aktif Dinas Perhubungan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di perlintasan sebidang.

“Kami sangat menghargai upaya pemerintah dalam menjaga keselamatan perjalanan kereta api, terutama di perlintasan sebidang. Sinergi antara KAI, pemerintah, dan masyarakat sangat penting untuk memastikan perjalanan kereta api yang aman dan nyaman bagi semua,” tambah Franoto.

Sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, KAI Daop 4 Semarang kembali mengingatkan seluruh pengguna jalan untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas di perlintasan sebidang. Keselamatan adalah tanggung jawab bersama, dan kepatuhan terhadap aturan menjadi kunci utama dalam mencegah kecelakaan.

“Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan dengan selalu berhati-hati saat melintas di perlintasan sebidang. Pastikan kondisi aman sebelum melintas demi keselamatan bersama,” tutup Franoto.

Sidang Pemalsuan Akta, Notaris Yustiana Servanda Tegaskan Tidak Catut Nama Michael Setiawan

0

SEMARANG (Pertamanews.id) – Saksi Ade Teguh Chandra seharusnya yang dipersalahkan lebih dahulu berdasarkan surat kuasa lisan yang dituliskan dalam minuta akta.

Hal itu disampaikan Notaris Demak, Yustiana Servanda SH, MKn, yang secara tegas membantah telah mencatut nama pelapor, Michael Setiawan dalam akta Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Mutiara Arteri Property (MAP).

Hal itu disampaikan Yustiana, usai sidang perkara dugaan pemalsuan akta di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Senin (17/2/2025) kemarin siang hingga sore hari.

Atas terbitnya akta itu Michael Setiawan menjadi pemilik 50 persen saham berdasarkan putusan RUPS LB yang diambil secara bulat oleh pemilik 100 persen saham yang hadir.

Pemilik saham itu Setiawan ayah dari Michael yang merupakan pemilik 1.499 lembar saham (99,97 persen), serta Siswa Sanjaya Chandra pemilik 1 lembar saham (0,03 persen).

“Sehingga kalau Michael merasa namanya dicatut, seharusnya Michael melaporkan dan memproses Ade yang mengaku-ngaku sebagai penerima kuasa lisan dari Michael saat tanda tangan dihadapan saya,” kata Yustiana, menanggapi proses kesaksian Michael di persidangan beragendakan keterangan saksi pelapor.

Pihaknya juga mempertanyakan buat apa mencatut nama Michael, sementara dirinya sendiri tidak mengenalnya dan tidak pernah ketemu dengan pelapor sebelum sidang tersebut.

Selain itu sebagai notaris ia tidak diuntungkan atas terbitnya akta itu. Apalagi pelapor juga bukan penghadap dan tidak turut membuat akta nomor 13 serta tidak turut tanda tangan minuta akta tersebut.

“Sampai sekarang akta yang dituduhkan palsu itu masih sah terdaftar di Ditjen AHU Kemenkum RI, dan tidak ada satu pun putusan pengadilan yang menyatakan, bahwa akta saya palsu. Dengan demikian persidangan saat ini sesat, kriminalisasi saya, karena tanpa barang bukti, namun memaksakan diri memproses saya yang sudah bekerja jujur sebagaimana protokol notaris,” tandasnya.

Menurutnya, akta yang dituduhkan palsu sudah ditandatangani semua penghadap, sedangkan jaksa juga tidak punya bukti minuta akta yang dituduh palsu.
Hal itu karena, minuta tersebut sampai saat ini tersimpan aman sebagai arsip negara di protokol aktanya.

Ditegaskannya, proses hukum dirinya sebagai notaris merupakan bentuk kriminalisasi notaris yang bertujuan upaya menekan supaya dirinya mengakui palsu.

“Usia akta sudah hampir lima tahun, sedangkan yang membuat dan tandatangan akta tidak menuduh palsu, hanya pelapor yang menuduh akta palsu, bukan pembuat akta,” ungkap Yustiana, yang selama proses sidang didampingi kuasa hukumnya, Evarisan dan Zaenal Arifin.

Sementara itu, dalam persidangan keterangan saksi pelapor, Michael Setiawan, mengaku bahwa ia memang sempat baca isi akta nomor 13.

Seingatnya isi akta itu sebagaimana yang dipahaminya hanya dapat saham 50 persen di PT. MAP, namun ia meyangkal tak pernah membuat akta tersebut.

Ia juga menegaskan yang menjadi masalah bagi saksi pelapor adalah semua akta yang menyangkut namanya, terkait akta yang ia laporkan, termasuk akta nomor 13.

“Saya buat laporan polisi tahun 2022, saya datang bersama kuasa hukum saya Michael Deo. Saya memberi kuasa 23 Maret 2022. Seingat saya sejak digugat sudah memberikan kuasa. Kuasa saya legalisir di konsulat, tapi kalau kuasa itu pidana atau perdata saya tidak ingat, kalau 19 Agustus 2022 seingat saya hanya laporan saja,”kata Michael Setiawan, dipersidangan.

Saksi pelapor juga menegaskan, untuk copy KTP miliknya hanya diberikan kepada keluarganya. Ia menegaskan KTP tidak pernah diberikan ke pihak lain.
Adapun terkait Ade Teguh Chandra yang mengaku sebagai kuasa lisan dirinya, Michael menegaskan tahu sama sekali terkait hal itu. Namun ia diakuinya, kalau ada orang mengaku membuat kuasa lisan atas nama dirinya tentu ia dirugikan.

“Saya tidak melaporkan Ade Chandra, saya cuma melaporkan notaris. Saya tidak tahu siapa yang menyuruh notaris membuat akta itu. Saya juga tidak pernah memberikan identitas saya ke orang lain, kalau keluarga memang pernah. Orangtua memang tak pernah menyampaikan memberikan akta itu. Pak Setiawan juga ndak pernah ngomong ke saya terkait memberikan KTP saya ke Dewi Kusuma. Kalau terkait identitas saya di chat itu, saya dirugikan atau tidak saya tidak tahu,”kata Michael Setiawan, usai dicecar saat ditunjukkan bukti chat atas permintaan kuasa hukum Yustiana, Evarisan.

Michael juga meminta kuasa hukum Yustiana, terkait akta nomor 13, menanyakan langsung ke Setiawan.
Karena ia sendiri mengaku jujur tidak pernah tanya kepada Setiawan terkait identitas dirinya ada di akta itu. Termasuk terkait identitas dirinya siapa yang memberikan saksi mengaku tidak pernah menanyakan ke orangtuanya.

Ia juga Michael menegaskan, rekening atas namanya dikelola oleh perusahaan keluarga. Sedangkan terkait akta hibah, saksi beralasan, tidak pernah tahu diberikan ayahnya Setiawan. Karena terkait akta hibah tak pernah diceritakan ayahnya ke saksi.

Namun ia memastikan membuat laporkan atas kasus ini karena kehendaknya sendiri, tidak ada permintaan orangtuanya.

“Kalau rekening BCA saya dipegang oleh admin perusahaan keluarga, rekening itu bukan saya pegang, rekening itu dipegang bapak saya Setiawan dan memang saya izinkan. Kalau terkait admin laporan ke rekening saya ada dana masuk Rp 1,950 miliaraan tidak pernah dapat laporan admin. Termasuk uang masuk dari pak Setiawan ke rekening saya tidak tahu,”tandasnya.

Atas keterangan saksi Michael Setiawan tersebut seharusnya dijadwalkan pemeriksaan saksi dokter Setiawan dan Siswa Sandjaja Chandra.

Namun karena waktunya sudah perang, akhirnya sidang ditunda oleh majelis hakim, baik hakim, jaksa, dan kuasa hukum terdakwa sepakat dilanjutkan sidang pada Kamis mendatang, pukul 10.00 Wib. Dengan agenda pemeriksaan saksi keduanya.

“Sementara keduanya (Dokter Setiawan dan Siswa) dulu yang Mulia , belum ada tambahan kami jadwalkan dipanggil,”kata jaksa Kejati Jateng, Lilik, saat ditanya majelis hakim apakah ada tambahan saksi lagi untuk penundaan Kamis. Atas hal itu kuasa hukum Evarisan, maupun saksi tidak keberatan dihadirkan saksi Kamis kembali.

Penjualan Meledak! 308 Ribu Lebih Tiket Kereta Lebaran 1446 H dari Jakarta Ludes Dipesan

0

JAKARTA (Pertamanews.id) – PT KAI Daop 1 Jakarta hari ini, Senin (17/2) telah melakukan penjualan tiket Lebaran untuk keberangkatan H-10 hingga H+2 atau tanggal 21 Maret hingga 3 April 2025.

“Tiket Lebaran sudah dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI dan kanal resmi lainnya sejak 4 Februari 2025 lalu. Untuk pemesanan hari ini pelanggan sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan tanggal 21 Maret hingga 3 April 2025 atau H-10 s.d H+2 Lebaran,” kata Ixfan Hendriwintoko Manager HUmas KAI Daop 1 Jakarta, Senin 17 Februari 2025 dari Jakarta.

“Pemesanan tiket Lebaran 1446 Hijriyah / 2025 telah dibuka oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI. Tiket dapat dipesan mulai H-45 sebelum tanggal keberangkatan, yakni sejak 4 Februari 2025. Penjualan tiket dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” imbuh nya.

Untuk keberangkatan pada masa Angkutan Lebaran 2025 (1446 Hijriyah) periode H-10 hingga H+2 (21 Maret – 3 April 2025), sebanyak 308.094 tiket KAJJ telah dipesan untuk berbagai tujuan.

Berdasarkan data sementara, tanggal keberangkatan dengan jumlah pemesanan tertinggi adalah 29 Maret 2025 (H-2), dengan total 36.326 penumpang.

Jadwal Pemesanan dan Keberangkatan:

17 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–3 April 2025 (H-10 s.d. H+2)

18 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–4 April 2025 (H-10 s.d. H+3)

19 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–5 April 2025 (H-10 s.d. H+4)

20 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–6 April 2025 (H-10 s.d. H+5)

21 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–7 April 2025 (H-10 s.d. H+6)

22 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–8 April 2025 (H-10 s.d. H+7)

23 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–9 April 2025 (H-10 s.d. H+8)

24 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–10 April 2025 (H-10 s.d. H+9)

25 Februari 2025: Keberangkatan 21 Maret–11 April 2025 (H-10 s.d. H+10)

Ixfan mengingatkan agar pelanggan membeli tiket hanya melalui kanal resmi KAI untuk menghindari modus penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket secara langsung (go-show) mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan,” tambahnya.

Berikut adalah data pemesaan tiket harian Daop 1 Jakarta (21 Maret s.d 3 April’25)

  1. KEBERANGKATAN KA DARI STASIUN GAMBIR:

• 21 Maret 2025 = 1.435 (9%);
• 22 Maret 2025 = 1.954 (13%);
• 23 Maret 2025 = 1.325 (9%);
• 24 Maret 2025 = 2.342 (15%);
• 25 Maret 2025 = 5.632 (37%);
• 26 Maret 2025 = 12.062 (80%);
• 27 Maret 2025 = 13.326 (88%);
• 28 Maret 2025 = 14.372 (95%);
• 29 Maret 2025 = 14.329 (95%);
• 30 Maret 2025 = 11.557 (76%);
• 31 Maret 2025 = 5.162 (34%);
• 01 April 2025 = 4.162 (28%);
• 02 April 2025 = 1.501 (10%);
• 03 April 2025 = 346 (2%);

Total = 89.509 (42%)
Rata2 perhari = 6.394 (42%)

  1. KEBERANGKATAN KA DARI STASIUN PASAR SENEN:

• 21 Maret 2025 = 10.487 (48%);
• 22 Maret 2025 = 15.233 (70%);
• 23 Maret 2025 = 17.308 (79%);
• 24 Maret 2025 = 20.989 (96%);
• 25 Maret 2025 = 18.279 (84%);
• 26 Maret 2025 = 10.152 (46%);
• 27 Maret 2025 = 9.441 (43%);
• 28 Maret 2025 = 12.217 (56%);
• 29 Maret 2025 = 21.286 (97%);
• 30 Maret 2025 = 22.293 (102%);
• 31 Maret 2025 = 20.730 (95%);
• 01 April 2025 = 18.917 (87%);
• 02 April 2025 = 11.839 (55%);
• 03 April 2025 = 4.903 (23%);

Total = 214.074 (70%)
Rata2 perhari = 15.291 (70%)

Dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025, pelanggan diimbau untuk memperhatikan kembali jadwal keberangkatan guna menghindari keterlambatan.

“Informasi mengenai KA tambahan akan segera diumumkan kepada masyarakat setelah melalui proses finalisasi. Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk lokomotif dan rangkaian kereta. Pemeriksaan ini mencakup aspek teknis dan operasional guna memastikan seluruh sarana dalam kondisi prima sebelum melayani pelanggan pada puncak arus mudik dan balik Lebaran,” jelas Ixfan.

“KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan layanan yang semakin baik serta berbagai inovasi, kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat pada momen Lebaran nanti,” tutup Ixfan.