JAKARTA (Pertamanews.id) – Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Budi Arie Setiadi, S.Sos., M.Si., mendorong industri pers nasional mengembangkan inovasi. Hal itu bisa dilakukan dengan menangkap berbagai peluang kehadiran digitalisasi global.

“Menyikapi disrupsi yang ada, saya mengajak kita semua untuk tidak gentar. Kita justru harus menangkap peluang yang dihadirkan oleh teknologi digital,” ujarnya, dilansir laman RRI, Senin (19/02).

Dalam acara Konvensi Nasional Media Massa, Menkominfo menyebutkan perkembangan teknologi digital, media sosial dan artificial intelligence (AI) menjadi faktor pemicu industri pers secara global. Untuk itu, dirinya mendorong industri pers agar mengadopsi dan mengembangkan teknologi baru serta meningkatkan keahlian karyawan.

“Melakukan upscalling (menaikkan kemampuan, red) karyawan. Agar memiliki kemampuan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dan peluang perkembangan teknologi,” ujarnya.

Diakhir kesempatan ia juga mendorong industri pers nasional mengikuti perkembangan tren konten yang populer di masyarakat. Misalnya seperti konten podcast atau konten digital lainnya.