SEMARANG (Pertamanews.id) – Ketua DPD Partai Gerindra Yogyakarta, Danang Wicaksana Sulistya, bertemu dengan Marrel Suryokusumo, cucu Sultan HB X yang juga seorang aktivis lingkungan, di Yogyakarta pada Jumat (29/03/2024). Pertemuan tersebut dianggap sebagai peluang baru untuk Pilkada Kota Jogja oleh beberapa pihak.

Dalam sebuah wawancara khusus, Danang menjelaskan bahwa pertemuan itu merupakan bagian dari upaya terus-menerus Partai Gerindra untuk berdialog dengan semua pihak yang berperan dalam kemajuan Yogyakarta, termasuk generasi muda. Fokus utama pembicaraan adalah isu pelestarian lingkungan, yang dianggap sebagai bagian penting dari pembangunan Yogyakarta yang berkelanjutan. Pertemuan itu diadakan di Kantor Bebadan Pangreksa Loka, Yogya, Kamis (28/03/2024).

“Pertemuan dengan mas Marrel adalah bagian dari inisiatif kontinu Partai Gerindra untuk menjalin dialog dengan semua pihak yang berkepentingan dalam memajukan Yogyakarta, termasuk generasi muda,” ungkap Danang.

Saat ditanya tentang spekulasi politik, Danang menegaskan bahwa Partai Gerindra akan transparan dalam setiap langkah politiknya, termasuk terkait pencalonan. Dia juga menyoroti bahwa dalam politik, yang terpenting adalah kapasitas individu dan komitmen mereka terhadap rakyat, bukan hanya latar belakang atau hubungan keluarga.

“Yang terpenting dalam politik adalah kapasitas individu dan komitmen mereka terhadap rakyat, bukan hanya asal-usul atau hubungan keluarga.” ujar Danang

“Partai Gerindra senantiasa terbuka dan transparan dalam setiap langkah politiknya, termasuk terkait isu pencalonan. Jika mas Marrel memutuskan untuk maju, tentu kami akan melalui prosedur partai yang ada.” tambah Danang

Arahan Prabowo Subianto

Danang juga menyampaikan arahan dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, terkait hubungan dengan Keraton Jogja, yang menekankan pentingnya menjaga hubungan harmonis dengan pusat budaya dan sejarah tersebut. Dia menambahkan bahwa Partai Gerindra berkomitmen untuk mendukung tokoh-tokoh yang memiliki visi dan kemampuan nyata untuk membawa perubahan positif di Yogyakarta.

“Bapak Prabowo memberi arahan bahwa Partai Gerindra harus senantiasa menjaga hubungan harmonis dengan Keraton Jogja sebagai pusat budaya dan sejarah,” ujar Danang.

Partai Gerindra mengapresiasi tanggapan positif dari masyarakat terkait pertemuan tersebut, menganggapnya sebagai dukungan untuk dialog terbuka. Danang juga menegaskan kembali komitmen partainya untuk mendukung pemuda dan inisiatif lingkungan, siap bekerja sama dengan mereka untuk memajukan Yogyakarta, terutama dalam menangani persoalan lingkungan seperti sampah. Harapannya, pertemuan ini dapat menjadi pemicu bagi pembaharuan dan sinergi positif untuk masa depan Yogyakarta.