SPANYOL (Pertamanews.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika telah meluncurkan portal 5Gnow.id yang bertujuan untuk membangun ekosistem jaringan 5G di Indonesia.

Portal yang baru tersedia dalam bahasa Inggris itu resmi dibuka di Barcelona, Spanyol, Selasa (28/2).

Semua informasi mengenai jaringan 5G dapat dilihat di 5Gnow.id. Selain itu, portal ini juga digunakan sebagai wadah beragam inisiatif dan inovasi yang mempercepat transforamsi digital di Indonesia.

Contohnya tersedia berbagai merk dan type smartphone, termasuk jaringan yang menggunakan 5G.

Terdapat juga informasi mengenai perkembangan frekuensi (bands) yang akan dan sudah menggunakan 5G. Juga berbagai riset dan percobaan jaringan 5G di wilayah Indonesia.

“5Gnow.id akan menjadi hub berisi informasi terkini terkait pengembangan 5G di Indonesia. 5Gnow.id mengumpulkan informasi dari regulator, ekosistem dan pelaku industri sekaligus mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam memberikan kabar terbaru seputar 5G dan teknologi pendukung kedepannya,” ujar Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) Teguh Prasetya.

Portal 5Gnow.id merupakan kolaborasi Kementerian Kominfo dengan ASIOTI, Mastel, ALITA, ATSI, Telecom Infra Project, GSMA, APAC5G, Meta, Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison, NPERF, ITB, ITS, Telkom University, Huawei, Ericsson, Nokia, ZTE, hingga Qualcomm.