SEMARANG (Pertamanews.id) – Acara GIIAS Semarang 2023 di Marina Convention Center secara resmi dimulai dengan pembukaan oleh Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian RI, bersama dengan Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah pada hari Rabu, (18/10).

Pembukaan pameran GIIAS Semarang 2023 di Marina Convention Center yang akan berlangsung hingga 22 Oktober 2023 juga turut dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Dirlantas Polda Jawa Tengah, Agus Suryo, Kepala Bapenda Provinsi Jawa Tengah, Nadi Santoso, Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, serta Ketua III GAIKINDO, Rizwan Alamsjah.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan, memungkinkan GIIAS Semarang untuk hadir kembali dalam penyelenggaraan kedua kalinya. Dia juga mengungkapkan kebanggaan karena tahun ini menandai penyelenggaraan GIIAS Semarang yang kedua dan menyatakan bahwa antusiasme peserta telah mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

”Tahun ini menjadi penyelenggaraan GIIAS Semarang yang ke-dua dan tentunya menjadi momen yang membanggakan, dimana pada tahun ini antusiasme peserta mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya,” ujar Nangoi.

Nangoi juga menyampaikan harapan GAIKINDO bahwa antusiasme peserta GIIAS Semarang 2023 akan mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional, khususnya di Jawa Tengah. Menurutnya, GIIAS adalah platform untuk menunjukkan kemajuan industri otomotif Indonesia, memberikan pendidikan yang tepat kepada masyarakat, dan mendorong perkembangannya.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, GIIAS Semarang 2023 akan memperkenalkan sekitar sepuluh model kendaraan baru dari Agen Pemegang Merek otomotif, yang sebelumnya diperkenalkan untuk pertama kalinya di the 30th GIIAS 2023 di BSD, Kabupaten Tangerang.

Mewakili Menteri Perindustrian RI, Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal ILMATE menyampaikan ucapan selamat atas suksesnya penyelenggaraan GIIAS Semarang 2023, yang merupakan kota ketiga dalam seri GIIAS 2023. Taufiek mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan kepada penyelenggara acara serta para pemimpin perusahaan otomotif yang telah berpartisipasi dalam GIIAS Semarang 2023.

”Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pihak penyelenggara dan seluruh pimpinan pabrikan otomotif yang telah hadir dan menjadi bagian dari GIIAS Semarang 2023,” ujar Taufiek.

Taufiek juga menyoroti upaya pemerintah dalam mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik (EV) sebagai bagian dari komitmen untuk mengurangi emisi gas. Sebagai bentuk apresiasi atas kesuksesan GIIAS Semarang, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang diwakili oleh Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Bapak Sumarno, mengucapkan terima kasih atas penyelenggaraan pameran GIIAS Semarang 2023 yang kedua kalinya.

Sumarno menyatakan bahwa pameran pertama pada tahun 2022 telah memberikan hasil yang sangat positif, dan diharapkan GIIAS Semarang yang kedua ini akan mengalami peningkatan, terutama dalam transaksi penjualan kendaraan bermotor di Jawa Tengah, yang diharapkan akan mendukung pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut.

GIIAS Semarang 2023 melibatkan 30 merek dari berbagai sektor industri otomotif, termasuk 14 merek kendaraan bermotor, termasuk 10 merek kendaraan penumpang seperti Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling, serta 4 merek kendaraan roda dua, yaitu Exotic, Pacific, Royal Enfield, dan Yamaha. Para peserta akan memperkenalkan beragam kendaraan dengan teknologi terkini, termasuk kendaraan bermotor berbasis listrik. Selain itu, puluhan merek yang mendukung industri otomotif juga akan berpartisipasi dalam GIIAS Semarang 2023.

GIIAS Semarang 2023 mendapat dukungan penuh dari Mandiri Tunas Finance sebagai mitra penyewaan resmi dan sponsor Superchallenge yang akan menyajikan berbagai program menarik dan kemudahan bagi pengunjung, memberikan nilai tambah yang sangat menggoda.

Acara ini berlangsung mulai tanggal 18 hingga 22 Oktober 2023, dengan jam operasional pukul 11.00 hingga 21.00 WIB pada hari kerja (Rabu-Jumat) dan dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB pada akhir pekan (Sabtu-Minggu). Tiket dapat dibeli langsung di lokasi pameran dengan harga 20.000 rupiah untuk hari kerja (Rabu-Jumat) dan 30.000 rupiah untuk akhir pekan (Sabtu-Minggu).

Pameran GIIAS The Series 2023 digelar di empat kota di Pulau Jawa, dimulai dari GIIAS Tangerang yang berlangsung dari 10-20 Agustus 2023, lalu diikuti oleh GIIAS Surabaya yang berlangsung dari 20-24 September 2023 di Grand City Convex. Kemudian, GIIAS Semarang diselenggarakan dari 18-22 Oktober 2023 di Marina Convention Center.

Penutupan rangkaian GIIAS The Series 2023 akan dilakukan melalui penyelenggaraan GIIAS di kota baru, yakni GIIAS Bandung yang akan berlangsung dari 22 hingga 26 November 2023 di Sudirman Grand Ballroom.