SEMARANG (Pertamanews.id) – PT Semen Gresik menunjukkan komitmen yang besar dalam mendukung program pemerintah dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Hal itu sebagai upayaa dalam meningkatkan pemanfaatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk operasional perusahaan.

Senior Manager of Communication & CSR PT Semen Gresik, Dharma Sunyata, menuturkan bahwa perusahaan telah mengidentifikasi berbagai aspek operasional dimana penggunaan produk dalam negeri dapat ditingkatkan, mulai dari bahan baku hingga peralatan produksi.

Perusahaan telah menjalin kemitraan dengan produsen lokal untuk memastikan pasokan yang memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

“Salah satu contohnya pada unit produksi, perbulan September 2023 perusahaan melakukan penggantian oli dari Castrol Alpashyn EP320 menjadi Pertamina Masri FLG 460 dengan kebutuhan oli secara keseluruhan mencapai 1920 Liter,” papar Dharma, dalam keterangan pers, Rabu (25/10).

Pihaknya menambahkan bahwa tingkat ketercapaian TKDN yang dicapai Perusahaan up to bulan September mencapai 101,35% melampaui target yang ditetapkan di tahun 2023.

“Kami percaya dengan pemanfaatan produk dalam negeri, menjadi kunci dalam mendukung penguatan ekonomi domestik dan membangun kemandirian industri dalam negeri,” jelasnya.

Dharma menjelaskan keunggulan dari komponen dalam negeri, yakni harga yang terbilang kompetitif, waktu pengiriman yang relatif lebih cepat, dan mampu menggerakkan ekonomi domestik.

Dengan penggunaan komponen dalam negeri, harapannya, perusahaan mampu mencapai berbagai manfaat dari segala bidang, termasuk pengurangan ketergantungan pada impor, peningkatan kualitas produk, penciptaan lapangan kerja, dan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Nasional.

“Komitmen yang terus konsisten digaungkan dan dijalankan sesuai dengan regulasi, demi kemajuan keberlanjutan operasional perusahaan untuk menghadapi tantangan bisnis di dalam negeri,” tandasnya.

Atas komitmen dalam penggunaan produk dalam negeri, SIG selaku induk perusahaan dinobatkan menjadi perusahaan Badan Usaha Milik Negara terbaik dalam ajang Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia awal tahun 2023 lalu.