SEMARANG (Pertamanews.id) – Kapolda Jateng selaku Kaopsda Ops Mantap Brata 2023 mengajak insan Pers Jawa Tengah untuk ikut dalam menjaga kondusifitas selama Pemilu 2024 dengan menggelar Deklarasi pemilu Damai  2023/2024, Rabu (25/10).

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H.  menyatakan dengan adanya kolaborasi ini akan menciptakan aura positif bagi institusi Polri dalam memberikan kontribusi terhadap pemberitaan di wilayah jawa Tengah.

“Dengan tahapan pemilu yang sudah berjalan tentu akan menciptakan polarisasi di dalam masyarakat sehingga kegiatan ini sangat tepat di laksanakan, dan tentunya akan mengikat secara moril  terhadap rekan rekan media untuk kita bersama sama menciptakan suasana yang damai,” ujar Kapolda. 

Kapolda juga menyampaikan kegiatan Cooling system memainkan peran vital dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses pemilu, dengan cooling system akan mencegah upaya-upaya penyebaran Hoax, ujaran kebencian serta semua hal yang berpotensi memecah belah dan mengganggu harkamtibmas. Dia pun berharap media harus turut berperan serta dalam menciptakan colling system di masyarakat yang artinya bagaimana  agar pemberitaan yang di tulis dapat membuat Kamtibmas menjadi Kondusif.

Sementara itu Zaenal Abidin Petir wakil ketua Persatuan Wartawan Indonesia Jateng, mengungkapkan tahapan pemilu 2024 telah berjalan sebagai sarana dalam sistem demokrasi, dan Pemilu merupakan momentum penting dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara, melalui proses ini  di kukuhkan komitmen untuk mengawal seluruh tahapan.pemilu agar berjalan dengan aman dan damai.

“Penyelenggaraan pemilu bukan hal yang mudah, harus ada kolaborasi antara stake holder dalam mendukung suksesnya pelaksanaan pemilu,” ujar Zaenal Abidin.

Pihaknya menyebutkan media memiliki tanggung jawab besar dalam kesuksesan jalannya pemilu, media harus menyajikan informasi yang akurat dan seimbang kepada masyarakat. Oleh karena itu harus bersama-sama menekankan pentingnya profesionalisme dan integritas dalam penyampaian informasi sehingga situasi kamtibmas dapat dikendalikan dengan baik.

Ada pun deklarasi Jurnalis Media Kawal Pemilu Damai 2024 berisi empat poin pernyataan para awak media, yaitu:

1. Siap menjaga pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif, untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat demi sebesar-besarnya kemashalatan publik

2. Siap menaati semua peraturan dan ketertiban yang terkait dengan penyampaian informasi kepada masyarakat

3. Siap memberikan informasi yang akurat, netral dan obyektif kepada masyarakat

4. Berkomitmen untuk menghindari publikasi berita yang bersifat bohong, tendensius, menyesatkan atau bersifat sensasional

Sementara itu dalam pernyataannya Kabidhumas Polda Jateng Kombes pol Satake Bayu S. Menyatakan momentum  pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai kali ini bertepatan dengan HUT Humas yang ke 72 pada bulan Oktober.

“Kita terus bersinergi menjalin hubungan yang baik dengan Media sebagai mitra utama Humas Polri dalam menjaga kondusifitas wilayah Jawa Tengah Indonesia dengan Informasi yang Obyektif dan Aktual maupun informatif kepada masyarakat, harapan nya dalam ulang tahun yang ke 72 Humas Polri menjadi lebih Profesional”  pungkas Kombes Pol Satake Bayu.

Pihaknya sangat mengapresiasi dengan kerjasama dan komunikasi yang selama ini terjalin dengan baik antara Polri dengan Media sehingga dapat menunjang program pemerintah maupun dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif.