KUALA LUMPUR (Pertamanews.id) – Institut Teknologi Statistika dan Bisnis (ITESA) Muhammadiyah Semarang terus berusaha meningkatkan jalinan kerjasama dengan berbagai pihak. Tak hanya menjalin MoU dengan perguruan tinggi, instansi maupun perusahaan yang ada di dalam negeri saja.

Terbaru ITESA Muhammadiyah Semarang menjalin kerjasama dengan Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) Malaysia melalui addendum yang tercatat dalam Nota Kesepahaman dengan Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pimpinan Pusat Muhammadiyah, di mana ITESA Muhammadiyah menjadi bagian dari Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah tersebut.

‘’ITESA Muhammadiyah bersama dengan 12 PTMA lainnya dari Indonesia secara khusus mendapatkan undangan dari Universiti Teknologi Petronas untuk penandatanganan MoU dan diskusi kolaborasi dengan UTP,’’ kata Rektor ITESA Muhammadiyah Semarang yang juga langsung hadir di Universiti Teknologi Petronas, CAPE, Kuala Lumpur Malaysia, Selasa (06/11/2023).

Penandatanganan MoU ini sebenarnya merupakan Renewal dari MoU yang sudah berjalan sejauh ini, akan tetapi ITESA Muhammadiyah baru bergabung dalam agenda kerjasama dengan UTP di kesempatan kali ini. Hal tersebut tertuan dalam adendum berdasarkan Nota Kesepahaman antara Universiti Teknologi Petronas (UTP) dan Majelis Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Tinggi Muhammadiyah yang mulai berlaku pada tanggal 28 Maret 2023 (“MOU”).

Disitu tertera Para Pihak mengetahui dan menyetujui bahwa syarat dan ketentuan MOU akan berlaku sepenuhnya pada Adendum ini dan Para Pihak setuju untuk mematuhi ketentuan MOU ketika melakukan Kolaborasi sesuai dengan Adendum ini.

Prof. Dr. Bambang Setiaji,M.Si selaku ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah hadir secara langsung dalam ceremonial renewal penandatangan MoU tersebut.

Selain itu perwakilan dari Universitas Teknologi PETRONAS adalah Datuk Bacho Pilong selaku Chairman Senior Vice President
Project Delivery & Technology, Vice Chancellor UTP Prof Ts Dr Mohamed Ibrahim Abdul Mutalib, Prof Ts Dr Nor Hisham Hamid selaku Deputy Vice Chancellor Student Affairs dan Segenap jajaran pimpinan dari UTP.
Pada sesi diskusi Nurul Huda, Rektor ITESA Muhammadiyah Semarang menjelaskan bahwa fokus riset dia saat ini di bidang medical science. Setelah sesi penandatanganan MoU dan diskusi usai, Prof Tang Tong Boon, Ph.D, CEng, FIET selaku Institute Director of Health and Analytics UTP menghampiri Nurul untuk diskusi langsung karena tertarik dengan topik risetnya dan secara khusus mengajak rektor ITESA Muhammadiyah untuk bergabung dalam tim riset Medical Science di Malaysia dan ajakan tersebut diterima dengan sangat baik oleh Rektor ITESA Muhammadiyah Semarang sebagai bentuk pelaksanaan MoU kedepannnya.