SEMARANG (Pertamanews.id) – Komunitas otomotif di Semarang mengalami pertumbuhan yang signifikan sejalan dengan kemunculan berbagai produk otomotif. Antusiasme para pengguna mobil untuk berbagi pengalaman dan informasi mengemudi mereka menciptakan kebutuhan akan platform komunitas.

Salah satu contoh komunitas otomotif yang aktif di Semarang adalah Low Cost Green Car (LCGC), didirikan pada 9 Januari 2021.

Dengan mengusung konsep kekeluargaan dan semangat seduluran selawase, LCGC berkomitmen untuk memperkuat hubungan antaranggota. Komunitas ini secara berkala mengadakan pertemuan informal, seperti kopi darat (kopdar), dan kegiatan bakti sosial. Selain menjadi forum berbagi informasi seputar mobil, acara-acara tersebut juga bertujuan untuk memperkuat ikatan sosial antaranggota, dan aktif dipublikasikan melalui media sosial komunitas.

Dalam upaya menarik perhatian masyarakat, komunitas ini memanfaatkan potensi media sosial. Publikasi kegiatan, termasuk kopdar dan bakti sosial, diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi calon anggota baru. Melalui postingan yang menarik, LCGC berhasil menarik perhatian individu yang berminat untuk bergabung.

Saat ini, LCGC memiliki sekitar 50 anggota yang berasal dari berbagai kota, termasuk Semarang, Sidoarjo, dan Bekasi. Mereka terhubung melalui grup WhatsApp (WA), mempermudah komunikasi dan menjaga silaturahmi. Grup ini berfungsi sebagai platform efektif untuk berbagi informasi, merencanakan acara, dan memperkuat hubungan antaranggota.

Dukungan eksternal, terutama dari NEXA sebagai mitra resmi, menjadi aspek krusial dalam keberlanjutan kegiatan komunitas otomotif ini. NEXA tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga menciptakan sinergi positif antara komunitas otomotif dan sektor industri. Berkat dukungan dari NEXA, LCGC dapat meningkatkan kualitas acara, menambahkan hadiah menarik, dan menyediakan fasilitas yang mendukung kegiatan komunitas. Kemitraan ini juga memberikan kesempatan bagi NEXA untuk lebih mendekatkan diri dengan komunitas otomotif dan memperluas jangkauan merek mereka.

Dalam konteks perkembangan teknologi dan tren otomotif, komunitas otomotif seperti LCGC memiliki peran kunci dalam membentuk ekosistem yang positif. Mereka bukan hanya tempat berbagi informasi seputar mobil, tetapi juga wadah untuk membangun persaudaraan dan solidaritas. Dengan dukungan dari mitra seperti NEXA, diharapkan komunitas ini terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi dunia otomotif di Semarang dan sekitarnya.